Sukses

Muka Air Bendungan Katulampa Normal, Tetap Waspada Cuaca Ekstrem

Ketinggian bendungan yang semula berada pada level siaga IV mulai turun sebanyak 50 cm sejak semalam, sekitar pukul 22.00 WIB.

Bendungan Katulampa di Bogor, Jawa Barat, berangsur normal. Ketinggian bendungan yang semula berada pada level siaga IV mulai turun sebanyak 50 cm sejak semalam, sekitar pukul 22.00 WIB.

"Kemarin masih di angka 60 cm namun malam sudah turun menadi 50 cm atau level normal," ujar Kepala Pelaksana Harian Bendung Katulampa, Andi Sudirman kepada Liputan6.com di Bogor, Jabar, Selasa (14/1/14).

Menurut Andi dengan ketinggian 50 cm di Bendung Katulampa, maka volume air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 35.876 liter per detik. Namun demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan penjaga pintu air di kawasan Puncak, Depok, dan Jakarta untuk terus memantau naik-turunnya volume air di Sungai Ciliwung.

"Untuk warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk tetap berhati-hati dan waspada dengan perubahan cuaca yang ekstrem," imbaunya.

Sementara itu pantauan Liputan6.com di Bendung Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 10.30 WIB cerah berawan. Kondisi tersebut dimanfaatkan warga untuk datang melihat bendungan tersebut. Banyak warga yang sekedar ingin melihat derasnya air dan foto-foto.

Heru (45), warga Cimahpar mengaku sengaja datang bersama kedua putri ke Bendungan Katulampa. Ia datang hanya untuk sekadar melihat ketinggian air di Bendung Katulampa.

"Mumpung hari libur, saya bawa anak-anak saya ke Bendung Katulampa, sekalian refreshing dan bisa jadi edukasi sejarah juga buat anak-anak, karena bendung ini kan dibangun pada masa penjajahan Belanda," pungkas Heru. (Ndy/Ism)

Baca juga:

Selasa Pagi, Sejumlah Jalan di Jakarta Masih Tergenang Air
Banjir Terparah di Jakarta Akan Terjadi Awal Februari
Hindari Banjir, Pengendara Sepeda Motor Masuk Tol Meruya Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini