Sukses

Walikota Pantau Kali, Banjir di 4.100 Rumah Tangerang Mulai Surut

Ketinggian air sudah mulai surut dibandingkan hari sebelumnya.

Banjir masih menggenangi sejumlah perumahan warga di Tangerang, termasuk di Ciledug Indah. Namun ketinggian air sudah mulai surut dibandingkan hari sebelumnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Tagana Kota Tangerang, total keseluruhan ada sekitar 4.100 rumah yang terendam. Namun banjir kini mulai surut.

4.100 Rumah tersebut di antaranya sebanyak 500 kepala keluarga (KK) di Perumahan Total Persada dan 300 KK di Perumahan Purati, yang rumahnya terendam.

Ada 300 KK di Perumahan Cimone Mas Permai yang rumahnya terendam. Di Perumahan Pondok Arum, terdapat 800 KK, dan Perumahan Ciledug Indah 1 terdapat 500 KK yang juga terendam rumahnya dengan ketinggian air mencapai 40-120 centimeter.

Sebanyak 800 KK di Ciledug Indah 2 juga terendam rumahnya dengan ketinggian air mencapai 40-120 centimeter, sementara di Kompleks DDN terdapat 200 KK yang terendam rumahnya dengan ketinggian air mencapai 50-70 centimeter.

Di Perumahan Puri Kartika, terdapat 700 KK yang kebanjiran dengan ketinggian air mencapai 30-50 centimeter. "Di lokasi banjir tersebut, kini telah disiagakan petugas dan relawan bersama makanan dan peralatan," kata Ketua Tagana Kota Tangerang, Iksan Bhakti.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah melakukan pantauan sejumlah kali dan sungai yang merendam permukiman warga.

"Kita terus melakukan pemantauan terhadap kali dan sungai untuk mengantisipasi banjir terkait masih terjadinya hujan dengan intensitas tinggi," kata Arief di Tangerang, Selasa (14/1/2014).

Ia mengatakan, meski sejumlah banjir telah surut di permukiman warga, namun petugas dan relawan tetap diminta selalu siaga, karena bantuan kepada warga tidak hanya dilakukan pada saat banjir, tetapi juga setelah itu, antara lain memerhatikan kebutuhan logistik dan kebersihan lingkungan.

Oleh karena itu, Arief telah menginstruksikan kepada semua jajarannya untuk terjun ke lapangan dan mengambil bagian dalam penanganan banjir.

"Semua dinas terkait terjun ke lapangan dan membantu korban banjir dan mengantisipasi bila adanya banjir susulan," ujar Arief. (Ant/Riz/Sss)

Baca juga:

Ketinggian Air di Sejumlah Pintu Air Mulai Surut
Banjir 2 Malam, Gudang Peluru Tebet Kembali Normal
Banjir Surut, Warga Ulujami Bersihkan Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini