Sukses

Ini Faktor Jakarta Diguyur Hujan Deras Seharian

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan tinggi yang mengguyur Jakarta disebabkan beberapa faktor

Hujan terus mengguyur kawasan Jakarta sejak pagi. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), intensitas hujan tersebut disebabkan beberapa faktor.

"Adanya aliran masa udara dari Asia yang mulai aktif. Cuaca panas kemarin-kemarin itu potensi hujannya ada, tapi terusik angin yang sangat kencang, jadi potensi hujannya kecil," kata Kasubid Informasi BMKG Hary saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (12/1/2013) malam.

Terlebih, lanjut dia, saat ini ditambah adanya suplai masa udara dari utara, selatan, dan barat yang membentuk daerah konvergensi pertemuan masa udara di laut Jawa. " Sehingga efeknya wilayah Jabodetabek salah satunya cukup besar," imbuh Hary.

Hary menjelaskan, penyebab lainnya ialah saat ini bertepatan dengan kondisi air laut yang pasang atau bulan mati. Kondisi air laut pasang ini terjadi sejak Sabtu 11 kemarin hingga 16 Januari 2014 mendatang. "Akibatnya, genangan air yang mengalir ke laut itu mengalami hambatan," ungkap Hary.

Hary mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca saat ini. Karena ini akan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

"Nanti kalau ada perkembangan berikutnya, akan disampaikan," tukas Hary. (Ali)

Baca juga:

Banjir di Kampung Pulo Setinggi 1 Meter
Tanggul Kali Laya Jebol, Sejumlah Perumahan Depok Terendam Banjir
Status Katulampa Naik Siaga 3, Warga Jakarta Diminta Bersiap

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Hujan

Video Terkini