Sukses

Banjir di Kampung Pulo Setinggi 1 Meter

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya membuat Kali Ciliwung meluap.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya membuat Kali Ciliwung meluap. Kondisi terparah terjadi di RW 02 dan 03 Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur. Saat ini, ketinggian air di kedua RW itu mencapai 1 meter.

"Sampai saat ini ketinggian air sudah 1 meter, info terakhir demikian," tutur Rendra, petugas BPBD DKI Jakarta saat dikonfirmasi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (12/1/2014).

Menurut Rendra, kedua RW itu merupakan titik terdekat dengan bantaran Kali Ciliwung. Sehingga merupakan daerah pertama yang terendam banjir jika Kali Ciliwung meluap. "Untuk daerah sekitarnya belum separah itu. Mungkin baru 40 centimeter atau 50 centimeter," ujar dia.

BPBD DKI, tambah dia, belum menerima laporan adanya pengungsi. Meski demikian, BPBD DKI telah memerintahkan pengaktifan posko-posko penanggulangan. "Aktivasi siap siaga. Kepala Pelaksana sudah intsruksikan kepada SKPD dan jajarananya agar menyiapkan posko," tambah Rendra.

Pantaua BPBD DKI, ketinggian air di sejumlah pintu air cenderung terus mengalami peningkatan. Di pintu air Katulampa ketinggian air mencapai 130 centimeter, bertahan hingga pukul 15.00 WIB.

Sementara di Pesanggrahan, ketinggian air mencapai 135 centimeter. Di Angke hulu sekarang mencapai 220 centimeter. (Eks/Yus)

Baca juga:
Jakarta Diguyur Hujan Deras, Jokowi Yakin Tak Banjir
Jakarta Diguyur Hujan Deras, Genangan di Sejumlah Titik
Debit Ciliwung Naik, Warga di Bantaran Sungai Diminta Waspada

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini