Sukses

Survei VPS: Demokrat Jadi Partai Terkorup

Partai Gerindra menjadi partai yang dipersepsikan paling bersih oleh responden.

Jajak pendapat Vox Populi Survey (VPS) menunjukkan Demokrat menjadi partai paling korup di Indonesia. Disusul Partai Golkar dan PDIP di posisi ke dua dan ke tiga.

"Kasus Hambalang yang menyeret Mantan Menpora, mantan Ketum PD, menjadikan partai ini terkorup dengan 94,9 persen," kata Direktur VPS Hendrykus Sihaloho di Jakarta, Minggu (12/1/2014).

Sementara, 90,9 persen responden mempersepsikan Golkar sebagai partai korup, 87,43 persen responden mempersepsikan PDIP sebagai partai korup, dan 78,76 persen responden memperseprikan PKS sebagai partai korup.

Sedangkan, Partai Gerindra mendapatkan prediket partai yang paling tidak korupsi. Sebab, hanya 17,69 persen responden yang menyebut partai besutan Prabowo Subianto itu terlibat korupsi.

"Partai Gerindra masih dipersepsikan publik sebagai partai yang relatif bersih. Partai yang kadernya jarang tersangkut korupsi," ujar Hendrykus.

Jajak pendapat ini diikuti 3.686 responden dari 402 kabupaten/ kota. Sebanyak 59,9 persen dari mereka mengaku mengikuti perkembangan kasus-kasus korupsi.

Jajak pendapat ini menggunakan teknik wawancara secara tatap muka langsung. Margin of error survei ini +/- 1,6 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Eks/Yus)

Baca juga:
Makna Say Thanks Anas ke SBY di Mata Pakar Komunikasi
Anas Dilempar Telur Alasan Keluarga Tolak Makanan KPK
Pasek: Datangi KPK, Anas Cari Tempat Pertapaan Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini