Sukses

Ucap Terima Kasih, Anas Yakin SBY di Balik Penahanannya?

Direktur Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti menilai, ada beberapa hal yang bisa ditafsirkan dari ucapan terima kasih Anas ke SBY.

Anas Urbaningrum mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat baru saja ditetapkan sebagai tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pada 'Jumat Keramat' 10 Januari 2014 lalu.

Direktur Lingkar Madani (Lima) Indonesia, Ray Rangkuti menilai, ada beberapa hal yang bisa ditafsirkan dari ucapan mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu.

Pertama, kata Ray, Anas punya keyakinan bahwa SBY berada di balik penetapan tersangka dan penahanan terhadap Anas. "Pertama itu. Reaksi Anas yang punya keyakinan kuat bahwa SBY ada di belakangnya (penahanan). Asumsi yang sangat wajar," kata Ray di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2014).

Kedua, Ray melihat, ucapan itu hanya reaksi yang spontanitas dari Anas. Sebab, Ray yakin, Anas tidak memiliki bukti konkret akan keterlibatan SBY atas semua yang terjadi terhadap dirinya. "Anas tidak memiliki data konkret pada keterlibatan SBY. Asumsinya juga kuat," katanya.

Dia juga menilai, apapun yang disampaikan Anas belum tentu berdampak langsung terhadap Partai Demokrat. Sebab elektabilitas partai berlambang mercy itu terjun bebas bukan karena kasus Anas semata. Tapi juga kasus yang melibatkan kader Demokrat lain.

"Demokrat anjlok karena kasus per kasus. Apakah ucapan Anas itu akan mengganggu dukungan untuk Demokrat? Tergantung. Kalau Anas hanya mengucap seperti itu begitu tanpa data konkret. Itu tidak akan mengganggu secara signifikan," ujar Ray.

Sembari mengenakan rompi oranye tahanan KPK, Anas Urbaningrum mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak. Termasuk kepada Presiden SBY.

"Di atas segalanya, saya ucapkan terima kasih kepada Pak SBY. Semoga peristiwa ini punya arti, punya makna, dan menjadi hadiah tahun baru di 2014 ini," kata Anas sebelum masuk ke mobil tahanan KPK. (Riz)

Baca juga:

Ditahan KPK, Anas: Terima Kasih, Pak SBY
Ditahan KPK, Anas Disorot Dunia
[VIDEO] Detik-detik Anas Urbaningrum Dilempar Telur
Makna Say Thanks Anas ke SBY di Mata Pakar Komunikasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini