Sukses

[VIDEO] Yuk, Mencicipi Jajanan Favorit Bung Karno di Bogor

Ada jajanan pasar, martabak jagung, dan sop buntut dalam jelajah kuliner kali ini di Bogor, Jawa Barat.

Akhir pekan ini Tim Jelajah Kuliner mengajak Anda ke Bogor, Jawa Barat. Walau sudah rutin diguyur hujan, tapi para pelancong tetap bisa menikmati kuliner favorit yang menghangatkan.

Ada jajan pasar, martabak jagung, dan sop buntut dalam jelajah kuliner kali ini. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (11/1/2014), satu di antaranya adalah sejumlah lokasi yang dulu menjadi jajanan favorit Presiden Pertama RI, Soekarno alias Bung Karno, semasa hidupnya.

Ya, para pelancong memang belum afdol mengunjungi Kota Bogor, bila tidak menyambangi Restoran Bogor Permai. Di rumah makan ini dulu menjadi langganan Soekarno.

Banyak menu yang menggoyang lidah. Satu di antaranya adalah nasi langgi. Harga seporsi nasi langgi pun terjangkau.

Selain itu, pemilik restoran juga menjual berbagai kue jajanan pasar. Harga kue-kue yang mengundang selera itu pun tak sampai membuat pengunjung merogoh dalam koceknya.

Seusai berkunjung ke Restoran Bogor Permai, Tim Jelajah Kuliner menuju Warung Sop Buntut Ma`emun. Sop buntut yang disajikan di warung makanan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman ini memang terkenal dengan kelezatannya.

Menurut Harris, sang nenek yang pertama memulai usaha warung sop buntut. Ia adalah generasi ketiga yang menjalankan usaha sop buntut tersebut. "Sudah 50 tahun berjualan," beber Harris.

Harris pun tak pelit berbagi ilmu. Kepada Tim Jelajah Kuliner, pria setengah baya itu menerangkan beberapa rahasia pengolahan sop buntutnya, termasuk pemilihan daging sapi.

"Kalau sapi lokal itu lebih bagus dan lebih banyak dagingnya," ujar Harris.

Dan, tak jauh dari warung sop buntut milik Harris, terdapat jajanan lainnya. Yakni, Martabak Air Mancur.

Apa yang spesial? "Ada martabak buah, ada nangka, ada pisang, ada jagung, ada talas," urai salah satu penjaga warung martabak tersebut.

Nah, martabak manis nan lezat itu pun cocok menjadi `teman` minum teh. Terutama di sore hari.

Bagaimana, tertarik untuk menelusuri beberapa lokasi wisata kuliner tersebut? (Ans/Ein)

Baca juga:

[VIDEO] Yuk Cicipi Segarnya Bakso dan Seupan Talas Bogor

[VIDEO] Lezatnya Pepes Lobster Rendah Kolesterol Rp 10 Ribu

[VIDEO] Lezatnya Mie Ayam di Kota Kembang, Mau?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini