Sukses

Abu `Muntahan` Sinabung Sampai ke Kota Medan

Abu hasil 'muntahan' Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ternyata tidak hanya dirasakan warga sekitar.

Abu hasil 'muntahan' Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ternyata tidak hanya dirasakan warga sekitar. Pada Sabtu pagi sekitar pukul 08.00 WIB, hujan abu juga menyelimuti Kota Medan.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (11/1/2014), ada beberapa kecamatan yang terkena abu erupsi Gunung Sinabung. Di antaranya Kecamatan Medan Barat, Medan Sunggal, Medan Baru, dan Medan Tuntungan.

Selain itu, beberapa pengendara sepeda motor pun terlihat menggunakan masker agar tak menghirup abu vulkanik. Kap-kap mobil yang parkir di pinggir jalan juga diselimuti abu berwarna putih.

"Tadi pagi gitu keluar lihat mobil sudah putih begini. Saya pikir tadi salju," ujar Khairani, warga Medan Baru.

Hujan abu yang saat ini terjadi, dilaporkan tidak separah yang terjadi bulan lalu saat terjadi erupsi besar.

Berdasarkan data BNPB, Jumat 10 Januari 2014 kemarin, terjadi 24 letusan yang diikuti oleh awan panas. Dengan tinggi letusan hingga 4.000 meter ke arah Utara. Luncuran awan panasnya sejauh 1.500 sampai 4.500 meter ke arah Tenggara dan Selatan. (Tnt)

Lihat juga:

[VIDEO] Terisolir Gunung Sinabung, Warga Jual Ternak dengan Murah
Sinabung Meletus, Pengungsi Bertambah Jadi 24.949 Jiwa
BNPB Nyatakan Letusan Sinabung Bukan Bencana Nasional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.