Sukses

[VIDEO] Terisolir Gunung Sinabung, Warga Jual Ternak dengan Murah

Semburan debu vulkanik itu membuat sejumlah desa terisolir dan sulit ditembus.

Aktivitas Gunung Sinabung terus meningkat beberapa hari ini. Semburan debu vulkanik itu membuat sejumlah desa terisolir dan sulit ditembus.

Tayangan Liputan 6 Petang SCTV, Rabu (8/1/2013), sejumlah desa di Kecamatan Simpang Karo Sumatera Utara terisolir akibat semburan debu vulkanik Gunung Sinabung. Guyuran hujan membuat debu tebal berubah menjadi lumpur.
 
Akses jalan menuju desa-desa itu pun sulit ditembus kendaraan. Bahkan ratusan rumah warga rusak. Jumlah pengungsi saat ini telah mencapai 22.303 jiwa yang tersebar di 33 titik.

Meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung juga membuat warga Desa Berastepu dan Tanjung menjual hewan ternak mereka dengan harga murah. Warga terpaksa melakukannya karena semakin sulit mendapatkan makanan untuk ternak. Selain itu, mereka juga tidak mungkin membawa ternaknya ke pengungsian.

Erupsi Sinabung juga berdampak pada harga sayur-mayur di Banda Aceh. Selama ini, sayur-mayur terutama tomat dan cabai dipasok dari para petani di Karo, Sumatera Utara.

Masyarakat khawatir, harga itu akan terus meroket karena aktivitas Sinabung hingga kini belum juga bersahabat. (Ali/Yus)

Baca juga:

Gunung Sinabung Masih `Batuk`, 22 Ribu Jiwa Mengungsi
[VIDEO] Gunung Sinabung Terus `Muntah`, Jarak Pandang Terbatas
Gunung Sinabung Terus Keluarkan Awan Panas, Pengungsi Bertambah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini