Sukses

Antisipasi Kemacetan, Jalan Masuk Bandara Halim akan Dilebarkan

Jalan harus dipersiapkan untuk menyambut bertambahnya kendaraan yang diperkirakan mencapai 1.200 per jam.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Jalan Komodor Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Hal itu terkait sejumlah penerbangan komersil yang mulai dioperasikan di bandara yang sebelumnya hanya untuk Angkatan Udara (AU). Sehingga membutuhkan pembenahan manajemen lalu lintas di area tersebut.

Jokowi pun mengecek kondisi jalan sebagai akses masuk bandara. Jalan tersebut harus dipersiapkan untuk menyambut bertambahnya kendaraan yang diperkirakan mencapai 1.200 per jam, menuju ke Bandara Halim Perdanakusuma.

"Sehingga harus diantisipasi. Kemungkinan jalan diperlebar atau ada tambahan transportasi umum yang masuk ke sini (bandara Halim)," ujarnya di Jalan Komodor Halim, Jumar (10/1/2014).

Menurut Jokowi, setelah berdiskusi bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Manggas Rudi Siahaan dan Kepala Dinas Perhubungan Udar Pristono, akan dilakukan pelebaran jalan 3 meter ke kanan dan kiri jalan.

Pria kelahiran tahun 1961 itu menambahkan, pada Jalan Kerja Bakti, Kampung Makasar, sebagai akses masuk dari arah belakang kemungkinan juga akan dibangun jalan tembus langsung ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Namun, mengenai status kepemilikan jalan Komodor Halim, lanjut Jokowi, akan dibicarakan lebih lanjut dengan pihak Angkasa Pura dan Angkatan Udara (AU). "Ketemu dulu. Baru diputusin soal jalan. Tapi paling tidak Dishub dan Dinas PU DKI telah siap. Bukan dikaji lagi. Koja-kaji. Karena apapun Bandara Halim ini berada di wilayah DKI," ujar Jokowi. (Ein)

Baca juga:

Jokowi Datangi Bandara Halim, Siapkan Manajemen Lalu Lintas
Penumpang Bandara Halim Diwanti-wanti Tak Bawa Mobil Pribadi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini