Sukses

Ahok: Transjakarta Belum Bisa Gratis, Duitnya Belum Cukup

Ahok pernah berceloteh tentang rencanannya menggratiskan tarif angkutan umum Ibukota beserta Transjakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama pernah menyampaikan rencana menggratiskan tarif angkutan umum Ibukota beserta Transjakarta. Namun rencana pria yang karib disapa Ahok itu bukan bualan.

"Kalau APBD kita Rp 100 triliun, kita mau gratiskan semua angkutan. Kalau anggaran kita kuat, malah seluruh bus kita gratiskan," kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (9/1/2014).

Mengapa harus Rp 100 triliun? Mantan Bupati Belitung Timur itu beralasan, program penanggulangan banjir dan macet Ibukota masih menjadi prioritas saat ini. Demikian halnya dengan pembebasan lahan. Sehingga diperlukan dana yang cukup besar.

Apalagi jika ditambah rencana angkutan gratis seluruh DKI. "APBD belum cukup. Kita masih mau beli tanah banyak," ujar Ahok.

Berdasarkan kalkukasinya, Rp 1 triliun sudah cukup sebagai modal penggratisan Transjakarta. Hanya, karena Pemprov DKI berniat menjadikan semua angkutan umum dapat dimanfaatkan cuma-cuma oleh warga, perlu biaya lebih besar. Di samping itu, jumlah armada Transjakarta juga belum mencukupi.

"Kita kan pengen semua. Jadi angkot enggak usah ngetem, kita bayarin semua per kilometernya. Tapi sekarang ngapain digratisin dulu, busnya belum cukup. Duit (APBD) kita belum cukup. Baru Rp 72 triliun," pungkas Ahok. (Ndy/Yus)

Baca juga:
Ahok: Angkutan Umum Bisa Gratis 2016, Asal...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • Bus Gratis