Sukses

Ahok: Angkutan Umum Bisa Gratis 2016, Asal...

Untuk saat ini, Pemprov DKI baru dapat menggratiskan 5 bus tingkat untuk beroperasi pada Januari 2014.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berjanji, Pemprov DKI bakal menggratiskan tarif angkutan umum dan Transjakarta suatu hari nanti. Lantas kapan?

"Kalau APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) kita bisa mencapai Rp 100 triliun, maka bisa gratis semua," kata pria yang karib disapa Ahok di Balaikota, Jakarta, Kamis (19/12/2013).

Sementara hingga saat ini, Pemprov DKI masih mengajukan APBD 2014 senilai Rp 67 triliun. Maka ke depan diharapkan jumlah APBD hingga Rp 100 triliun dapat tercapai pada penyusunan APBD tahun anggaran 2016 atau 2017.

Apabila melihat kemampuan APBD DKI yang setiap tahunnya bertambah besar, Ahok menilai, seharusnya Pemprov DKI bisa menggratiskan tiket bus Transjakarta bagi warga Jakarta. Ditambah lagi dengan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SiLPA) APBD DKI yang setiap tahunnya mencapai Rp 7-9 triliun.

"Mudah-mudahan bisa di 2016 atau 2017, kita bisa mencapai APBD Rp 100 triliun. Saat ini kita lagi hitung," tutur pria kelahiran tahun 1966 itu.

Untuk saat ini, Pemprov DKI baru dapat menggratiskan 5 bus tingkat untuk beroperasi pada Januari 2014 dan akan diuji coba di rute Tanah Abang hingga bundaran Hotel Indonesia.

Bus tingkat yang masih dalam proses pengadaan itu akan memasuki Blok G Tanah Abang, Jakpus, sehingga turis bisa langsung turun ke lokasi untuk berwisata belanja. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • apbd dki

Video Terkini