Sukses

Anggaran Diblokir, Bawaslu: Kemenkeu Tak Peduli Pemilu

Bawaslu menuding Kementrian Keuangan tidak peduli terhadap pelaksanaan pemilu lantaran anggaran Bawaslu hingga saat ini masih diblokir.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengaku mengalami kendala anggaran. Anggaran yang tengah diajukan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sementara masih 'diblokir' dan belum cair untuk proses pembiayaan pengawasan pemilu.

"Untuk Kemenkeu, saya tegaskan Kemenkeu tak peduli terhadap Pemilu. Khususnya kepada fungsi pengawasan," kata Ketua Bawaslu, Muhammad, saat rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan tahapan Pemilu 2014, di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (9/1/2014).

Muhammad menjelaskan, saat ini Bawaslu tengah mempersiapkan model pengawasan di tingkat kelurahan atau desa dengan menempatkan Panitia Pengawas (Panwas) hingga 5 orang. Namun, menurutnya, Bawaslu merasa kesulitan untuk menerapkan hal itu karena keterbatasan anggaran.

"Namun dalam DIPA (Daftar Isian Pagu Anggaran) Bawaslu jangankan penuhi 5 (orang Panwas), penuhi 3 saja tidak terpenuhi," Sesal Muhammad.

Sementara itu, anggaran yang sudah dikeluarkan untuk pembiayaan pengawasan pemilu sejak periode 2013 bakal berakhir sampai bulan Juni 2014 mendatang. Sehingga, alokasi untuk anggaran berikutnya harus mengajukan kembali kepada pemerintah.

Apalagi, tambah Muhammad, proses pengawasan paling penting dan mendesak adalah di tingkat kabupaten dan kota sampai tingkat kelurahan atau desa. "Bawaslu dan Panwaslu hanya ada anggaran terakhir kan sampai Juni," tandasnya. (Adm/Ism)

Baca juga:
Tahun Politik, KPU-Bawaslu Disarankan Tak Terima Tamu Sembarangan
Awasi Dana Kampanye, KPU Gandeng PPATK Sebelum Pileg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini