Sukses

[Warga Mengadu] Lubang Sepanjang Kolong Manggarai

Musim penghujan yang telah melanda Jakarta tidak hanya menyebabkan genangan air dan banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta.

Citizen6, Jakarta: Musim penghujan yang telah melanda Jakarta tidak hanya menyebabkan genangan air dan banjir di beberapa wilayah DKI Jakarta. Tetapi juga menyisakan persoalan jalan berlubang, jalan berlubang sepanjang kolong manggarai arah Pasar Rumput - Matraman ini mengganggu kenyamanan berkendara.

Banyaknya pengendara mengambil jalan akses menuju Matraman ini melalui kolong Manggarai,  keadaan kolong Manggarai ini sekarang sudah jauh berbeda dengan dahulu, kolong Manggarai dahulu mempunyai dua akses jalan ke arah Matraman, Pramuka, Senin, dan lainnya. Ada akses menggunakan jalur bawah dan jalur atas namun karena adanya pelebaran pintu air Manggarai maka satu akses jalan jalur atas ditutup untuk sementara, alhasil jalur akses untuk ke Matraman hanya menggunakan jalur bawah. Setiap jam berangkat dan pulang kerja kolong Manggarai selalu dipadati antrian pengguna jalan yang ingin melewati jalur bawah kolong Manggarai, dikarenakan hanya ada satu akses jalan kecil sehingga satu mobil dan satu motor saja yang muat, hal ini berdampak kemacetan hingga ke Pasar Rumput dan Lampu Merah Manggarai.

Para pengguna jalan sudah ikut serta dalam kemacetan ini, namun setalah masuk di kolong Manggarai, jalanan sepanjang kolong Manggarai ini banyak sekali lubang. Pengendara motor berusaha menyeimbangi motornya saat berkendara melewati lubang-lubang sepanjang kolong, dan dalam mengemudikan mobil harus perlahan supaya tak terjadi hal yang tak di inginkan di kolong Manggarai. Foto di atas di ambil jumat 13/12/2013, sehari setelah foto saya ambil, sudah dua kali jalan kolong manggarai ini sudah diperbaiki, namun ke esokan harinya jalanan rusak kembali, sampai saat ini jalan kolong Manggarai masih saja berlubang.

Jalan berlubang ini sebenarnya dipicu karena hujan yang selalu mengguyur Ibu Kota Jakarta, bukan hanya banjir yang menjadi masalah ketika hujan datang, namun jalanan berlubang juga merupakan suatu masalah yang datang ketika musim hujan. Banyaknya motor, mobil, truk dan TransJakarta melewati jalur bawah kolong Manggarai ini menjadi salah satu pemicu jalan berlubang tiap kali sudah dibenarkan.

Jalan memang sudah dibenarkan, namun sekarang muncul kembali layaknya jerawat yang tumbuh di muka lalu kita obati namun bisa muncul kembali, itu yang terjadi di jalan kolong Manggarai ini.  Namun sampai saat ini tidak ada solusi yang tepat mengenai masalah ini, padahal jalan ini merupakan akses satu-satunya pengguna jalan setelah jalur atas di tutup. Selain akses jalur atas di tutup, ada juga proyek pembangunan Terminal Manggarai beserta jembatan Terminal Manggarai, percikan las dari para pekerja membuat khawatir para pengguna jalan kolong manggarai ini, hal ini membuat kenyamanan pengguna jalan menjadi berkurang. (kw)


Penulis:
Siti Nursaleha
Jakarta, @snursaleha

Baca Juga:
Pasar Subuh Makin Siang, Kemacetan Tambah Panjang
Kemacetan di Depok Makin Semrawut
Kemacetan Jakarta, Tanggung Jawab Siapa

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 7 Januari sampai 17 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.