Sukses

346 Angkutan BKTB Mulai Beroperasi di Jakarta Awal Februari

Awal Februari nanti, penambahan ratusan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) akan mulai melayani warga di Ibukota secara bertahap.

Awal Februari nanti, penambahan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) akan mulai melayani warga di Ibukota secara bertahap. Totalnya, akan ada 346 unit bus yang akan dioperasikan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono menjelaskan, ratusan bus tersebut nantinya akan mengganti bus seperti Kopaja yang sudah tidak beroperasi pada sejumlah rute.

"Paling tidak awal Februari akan kita keluarkan. Bus itu berangkat dari pemukiman. Sehingga nanti bus itu masuk jalur Transjakarta. Gabung di situ," kata Pristono saat dihubungi di Jakarta, Rabu (8/1/2014).

Saat ini, lanjut Pristono, sejumlah unit bus mulai berdatangan. Dari ratusan bus yang dibeli Pemrov DKI itu, akan digunakan untuk BKTB. Setelah bus tersedia, kemudian dilakukan pelatihan dan pembinaan terhadap calon sopir BKTB.

"Setelah pada datang busnya, harus nyiapin sopirnya. Di-training," tutur Pristono.

Disamping itu, Pemprov DKI juga terus melakukan perbaikan terhadap sarana dan prasarana shelter bus Transjakarta yang memiliki koneksitas dengan BKTB. Dengan pembenahan yang disertai penambahan armada bus angkutan umum, pihaknya berharap seluruh masyarakat mulai tertarik kemudian beralih menggunakan transportasi massal.

"Semua bus sudah datang, artinya sekarang tinggal menunggu proses manajemen. Bukan langsung 346 bus sekaligus, beroperasi bertahap. Dan yang menjalankan BLU Transjakarta, persiapan menjadi BUMD. Jadi Transjakarta akan punya armada sendiri, bukan holding yang bayar operator bus," tutup Pristono. (Adm/Mut)

Baca juga:
Ahok Sebut Dana Pengadaan 4.000 Bus Disetujui DPRD
30 Bus Transjakarta Bakal Ditambah di Koridor VIII Akhir Januari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini