Sukses

150 Kendaraan Terjaring Operasi Cabut Pentil di Tanah Abang

Operasi cabut pentil pada Senin 6 Januari 2014 kemarin menuai panen.

Guna memberantas para pengendara yang parkir liar, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat bekerja sama dengan Polsek Tanah Abang melakukan Operasi Cabut Pentil (OCP). Mereka beraksi pada Senin 6 Januari 2014 kemarin.

Dalam operasi itu, mereka menjaring 150 kendaraan baik roda dua maupun empat yang parkir secara liar.

"Kemarin yang kita cabut pentil mobil ada 13, motor 102, kita angkut 8. Di BAP sama polisi 20, di BAP sama Sudinhub Jakarta Pusat 15," ujar Harlem Simanjuntak, Kepala Sesi Pengawasan dan Pengendalian Sudinhub Jakarta Pusat di Kantor Sudinhub Jakarta Pusat, Selasa (7/1/14).

Harlem menambahkan, untuk motor yang diangkut dan ditilang akan ditindak oleh kepolisian di Lapangan Banteng. Sedangkan untuk pentil kendaraan yang dicabut ditahan di Kantor Dishub Jakarta Pusat.

Sejak pertama operasi ini dilakukan, 17 September 2013 lalu, pentil-pentil kendaraan yang parkir sembarangan di wilayah Jakarta Pusat belum pernah ada yang mengambil. Meskipun demikian, Harlem berpendapat operasi cabut pentil cukup efektif dalam mengatasi parkir-parkir liar terutama di kawasan Tanah Abang.

"Kita tidak melihat dari pentil yang tidak diambil. Kalau dilihat efektifitas operasi ini sangat tinggi di beberapa titik," tuturnya.

Namun, Harlem mengungkapkan, masih ada beberapa titik di kawasan Tanah Abang yang masih menyediakan parkir liar.

"Yang masih parkir di tempat parkir liar karena mereka nggak takut. Soalnya disediain pompa sama juru parkir liar di situ," pungkas Harlem. (Tnt/Ein)

Baca juga:

Razia Parkir Liar, Dishub DKI Panen Pentil Ban
Parkir Liar di Tanah Abang, Motor Dicabut Pentilnya dan Diangkut
Razia Pentil, Mobil Digembosi Saat Asyik Makan di Tanah Abang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.