Sukses

Malam Tahun Baru, 2 Tewas dalam Tabrakan di Tol Cipularang

Dua orang tewas dan 5 luka-luka dalam tabrakan beruntun 3 mobil di Tol Cipularang Km 101+200 arah Padalarang/Bandung.

Dua orang tewas dan 5 luka-luka dalam tabrakan beruntun 3 mobil di Tol Cipularang Km 101+200 arah Padalarang/Bandung, sekitar pukul 22.50 WIB, Selasa (31/12/2013) malam. Para korban dievakuasi ke rumah sakit terdekat di Purwakarta.

Kecelakaan melibatkan sebuah truk yang langsung kabur serta 2 mobil Toyota Avanza F-1308-GZ dan Avanza pelat merah B-1138-CQN.  Avanza pelat F berpenumpang 4 orang, termasuk pengemudi Eko Malaka (37). Avanza pelat B berpenumpang 3 orang termasuk pengemudi Imam Fatoni (39).

"Penyebabnya diduga pengemudi 2 Avanza kurang antisipasi dalam menjaga kecepatan dan jarak dengan kendaraan lain," ujar Agus Gondani, petugas piket sentra komunikasi PT Jasa Marga Cabang Pubaleunyi di pintu tol Pasteur, Kota Bandung, Rabu (1/1/2014) dini hari.

Agus menjelaskan dugaan kronologi tabrakan berdasarkan analisis petugas patroli tol. Avanza Eko melaju dari arah Jakarta menuju pintu Tol Padalarang. Diduga lantaran Eko lengah, saat tiba di lokasi kejadian mobil pelat F menabrak bagian belakang sebuah truk, lalu terpental ke lajur median jalan.

Pada saat bersamaan, Avanza yang dikemudikan Imam melaju dengan kecepatan tinggi datang dan menghantam sisi kiri Avanza yang dikemudikan Eko. Posisi akhir Avanza Eko berdiri normal di antara lajur 1 dan 2 jalan menghadap pinggir bahu jalan. Sedangkan Avanza Imam berdiri normal dengan hidung mobil ke arah Jakarta.

"Dua penumpang Kr 2 (Avanza Eko) meninggal dan 2 luka berat dan ringan. Dua penumpang Kr 3 (Avanza Imam) luka berat dan satu luka ringan. Para korban sudah dievakuasi ke rumah sakit di Purwakarta," jelas Agus.

Sementara Kepala Unit Kecelakaan Lalu-Lintas Polres Kota Cimahi Iptu Asep Ratman menjelaskan, kecelakaan ini tepatnya terjadi di Desa Tenjolaut, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat. Para korban dievakuasi ke RS MH Thamrin, Jalan Bungursari, Purwakarta.

Sedangkan korban tewas adalah Erwin Adi Windani (32), warga Gang SD Sukapura D-1 no. 32 RT 07/10, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kabupaten Garut dan Andri Subagja (32), warga Jalan Abdi Negara F 7 No.06 RT 02/27 Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. (Ado/Ein)

Baca Juga:
[VIDEO] Bus `Gunung Harta` Dievakuasi dari Jurang, 3 Tewas
[VIDEO] Bus Masuk Jurang di Semarang, Sopir Diduga Ngantuk
Bus Masuk Sungai di Semarang, 3 Tewas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.