Sukses

Gita-Dahlan Peserta Konvensi Capres Paling Eksis di Sosmed

Dari seluruh peserta konvensi, hanya Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan yang bersaing eksis di jejaring sosial.

Untuk menarik simpati publik, hampir seluruh peserta Konvensi Partai Demokrat memanfaatkan jejaring sosial. Namun demikian, hanya beberapa yang mampu bertahan eksis di jejaring sosial. Analis sosial media Politicawave Yose Rizal mengatakan, dari seluruh peserta konvensi, hanya Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan yang bersaing eksis di jejaring sosial.

"Saya perhatikan persaingan peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat seru. Terutama antara Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan. Hanya 2 orang ini yang menonjol," ujar Yose melalui keterangan pers kepada Liputan6.com, Selasa (31/12/2013).

Selain 2 orang itu, menyusul di posisi ketiga yaitu peserta lainnya Anies Baswedan yang juga eksis di dunia maya. Di bawah Anies, kata Yose, walau mempunyai akun di jejaring sosial seperti twitter dan facebook, namun tidak eksis. "Anies Baswedan di posisi 3, tapi masih jauh jaraknya dengan 2 peserta itu (Gita dan Dahlan). Sedangkan peserta lain, tidak tampak pergerakannya di sosial media,” ujar Yose Rizal.

Yose mengungkapkan, lembaganya memonitor percakapan media sosial Twitter, Facebook, blog, berita online, video YouTube, dan forum online para peserta konvensi dari tanggal 22 sampai 28 Desember. Ada 4 kategori yang jadi perhatian, yaitu kecenderungan tingkat pengenalan (trend of awareness), elektabilitas capres (candidat electability), pembagian tingkat pengenalan antar capres (share of awareness), dan pembagian pengguna sosial media (share of citizen). 

Dari 4 kategori tersebut, didominasi Gita dan Dahlan, trend of awareness Gita cenderung menanjak yakni terakhir 1.357 poin, sedang Dahlan anjlok dan hanya mendapat 702 poin, diikuti Marzuki Alie 290.

"Untuk share of awareness yang diambil dari jumlah percakapan media sosial, Gita 25,5%, Dahlan 39,7%. Sedangkan share of citizen yang dihitung dari jumlah unit pemilik akun (unique account), rasionya Gita 25%, Dahlan 40,5%," kata Yose.

Menurutnya, yang paling jadi perhatian adalah tentang indeks elektabilitas, yang di antaranya mengacu pada indeks yang mengukur margin perbandingan antara sentimen tiap kandidat dibandingkan dengan keseluruhan kandidat dan jumlah unit pemilik dan pengguna akun. "Kalau baca hasil indeks elektabilitas ini, Gita lebih efektif dari Dahlan. Sebab, dengan jumlah akun yang lebih sedikit tapi menghasilkan dampak yang positif dan hasilnya signifikan. Value dari pembicaraan di media sosial yang dilakukan Gita, trendnya bagus,” kata Yose.

Ada 11 kandidat capres peserta konvensi yang digelar Partai Demokrat. Antara lain Gita Wirjawan, Dahlan Iskan, Anies Baswedan, Sinyo H Sarundajang, Ali Masykur Musa, Dino Patti Djalal, Endriartono Sutarto, Hayono Isman, Marzuki Alie, Irman Gusman, dan Pramono Edhie Wibowo. (Luq/Mvi)

Baca juga:

Survei Pol-Tracking: Dahlan Iskan Menang di Konvensi Demokrat
Demokrat: Peserta Konvensi Capres Masih Sibuk Cari Popularitas
Survei: Tiga Peserta Konvensi Demokrat Nyaris Tak Dikenal Publik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini