Sukses

KPU: Gerindra Punya Dana Kampanye Terbesar

Data itu bersifat sementara hingga nanti saat kampanye rapat umum.

Partai Gerindra saat ini memiliki dana kampanye paling besar dibanding partai lainnya. Namun data itu akan terus bergerak.

"Sampai nanti pada saat kampanye rapat umum," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat Arief Budiman di Gedung Bawaslu Jakarta, Senin (30/12/2013).

Namun, Arief tidak menyebut jumlah dana kampanye yang dimiliki Partai Gerindra ataupun dana kampanye partai-partai lain. Karena menurutnya, KPU akan mengumumkan laporan penerimaan dana kampanye ke-12 partai politik peserta Pemilu 2014 pada hari ini dalam situs www.kpu.go.id.

"Semua partai sudah melaporkan dana kampanye mereka. Bahwa nanti ada yang kurang lengkap atau belum lengkap, nanti dapat dilengkapi. Tapi semua sudah melapor," jelas Arief.

Terkait kemungkinan penggunaan politik uang dari dana kampanye, Arief mengatakan semua partai politik mempunyai potensi politik uang.

"Tapi kalau ada pun sudah diantisipasi karena sanksi dan prosedurnya telah jelas," ucap dia.

Komisioner lain KPU Pusat Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, laporan penerimaan dana kampanye untuk partai lokal Aceh akan disampaikan langsung di daerahnya.

"Kami mengumumkan sebagaimana yang dilaporkan partai politik kepada kami. Sumbangan dana kampanye yang akan kami audit yaitu sumbangan kepada partai politik, anggota DPD," ucap Ferry.

Hingga pukul 15.00 WIB, KPU mengumumkan daftar penerimaan sumbangan kampanye dari empat partai politik. Yaitu Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional.

Jumlah dana kampanye Partai Nasdem sebagaimana diumumkan di situs KPU yaitu Rp 41,2 miliar, PKB sebanyak Rp 54,2 miliar, Partai Golkar sebanyak Rp 75 miliar, dan PAN sebanyak Rp 86,3 miliar.

Sementara laporan penerimaan sumbangan kampanye untuk delapan partai politik lain, termasuk Partai Gerindra akan menyusul dan paling lambat hari ini. (Ant/Ali)

Baca juga:

Laporkan Dana Rp 45 Miliar, PPP Tak Gunakan Bantuan Badan Usaha
Dana Kampanye Demokrat Rp 135 Miliar, DPP Sumbang Rp 235 Juta
PKS Lapor Rp 32 Miliar Dana Kampanye ke KPU

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.