Sukses

Truk Tangki Seruduk Angkutan di Banyumas, 5 Penumpang Tewas

Selain menewaskan 5 penumpang, kecelakaan maut ini juga menyebabkan 4 penumpang luka-luka termasuk sopir angkutan umum tersebut.

Kecelakaan maut terjadi antara angkutan pedesaan yang berpenumpang 9 orang dan truk tangki pengangkut minyak goreng curah di Jalan Raya Ajibarang-Pekuncen, Banyumas, Jawa Tengah, Senin (30/12/2013) pagi. Dalam insiden itu 5 orang tewas dan 4 orang luka-luka.

Kepala Kepolisian Resor Banyumas Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dwiyono mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya kecelakaan tersebut. "Kami masih menyelidikinya dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi termasuk sopir truk tangki," kata Dwiyono di Banyumas.

Menurut beberapa saksi, kecelakaan itu terjadi saat Sutrisno yang mengemudikan angkutan umum berplat nomor R 1299 E itu melaju dari arah Pekuncen menuju Pasar Induk Ajibarang. Mendadak angkutan ini mengerem untuk menghindari sebuah kendaraan yang melaju kencang dari arah berlawanan, di Desa Cikawung, Kecamatan Pekuncen.

Pada saat bersamaan, tiba-tiba angkutan tersebut dihantam truk pengangkut minyak goreng curah, dari arah belakang, dan terpental sejauh 30 meter hingga terperosok ke dalam parit sedalam 5 meter. Sopir truk tangki berpelat nomor H 1837 DF yang belum diketahui namanya itu, diduga gagal melakukan pengereman sehingga menyeruduk angkutan tersebut.

Usai dievakuasi, seluruh korban tewas dan luka-luka selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ajibarang. 5 penumpang angkutan tewas di lokasi kejadian, yakni Rumini (48) warga Desa Cikawung RT 01 RW 02 Kecamatan Pekuncen, Tasminah (52) warga Desa Ciberung RT 02 RW 02 Kecamatan Ajibarang, Duriyah (40) warga Desa Ciberung RT 05 RW 01, Khalimah (52) warga Desa Cikawung RT 05 RW 01, dan Suparni (50) warga Desa Cikawung RT 02 RW 03.

Sementara, 4 orang yang menderita luka-luka yakni sopir angkutan Sutrisno, Risem (37) warga Desa Banjaranyar RT 03 RW 07 Kecamatan Pekuncen, Saminah (40) warga Desa Cikawung RT 01 RW 02, dan Wasriah (40) warga Desa Cikawung RT 04 RW 03.

Saat ditemui di RSUD Ajibarang, salah seorang korban luka, Risem mengaku tidak menyangka akan mengalami inisden maut tersebut. "Saya bersama penumpang lainnya langsung pingsan saat angkudes terjun ke sungai," ujar Risem yang mengalami luka di kepala. (Rmn/Mut)

Baca juga:
Mobil TNI AD Kecelakaan di Tol Cipularang
[VIDEO] Warga Probolinggo Tahlil Bersama untuk 18 Korban Tabrakan
[VIDEO] Ibu dan Anak Tewas Ditabrak, Sopir Truk Kabur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini