Sukses

Unggul Pemira PKS, Hidayat Nur Wahid Belum Tentu Jadi Capres

Masih ada tahapan yang harus dilalui Hidayat Nur Wahid untuk benar-benar diusung pada Pilpres 2014 mendatang.

Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bidang Kebijakan Publik, Hidayat Nur Wahid unggul pada peringkat teratas dalam hasil Pemilu Raya (Pemira) internal PKS yang dilakukan 29 dan 30 November 2013 kemarin. Dari hasil pemungutan suara, Hidayat memperoleh suara 50.567 dari DPW PKS 33 provinsi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Lembaga Pelaksana dan Penokohan Kader Partai Keadilan Sejahtera (LPP-PKS) yang mengumumkan hasil pemilu raya (pemira). Meski unggul, Hidayat belum tentu bakal diusung dalam Pilpres 2014 mendatang. Masih ada tahapan-tahapan lain yang harus dilaluinya.

"Ya kan nanti semua calon 5 teratas ini akan kita bawa ke majelis syuro akhir Januari 2014, nanti tunggu keputusan majelis syuro bagaimana," kata Sekjen PKS yang juga Ketua Pemira PKS Muhammad Taufik Ridho di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Minggu (29/12/2013).

Hidayat unggul atas tokoh-tokoh lainnya seperti Anis Matta, Ahmad Heryawan, Tifatul Sembiring, dan Nur Mahmudi Ismail.

Sekjen PKS ini menuturkan, jika pun keputusan Majelis Syuro menyatakan Hidayat dan keempat calon lainnya diterima, mereka harus melakukan uji publik oleh masing-masing tim suksesnya.

"Iya setelah Majelis Syuro memutuskan, misal 3 atau 5 (orang) ini oke, harus uji publik terkait elektabilitasnya. Kan unggulnya mereka ini hanya di internal PKS saja, belum keluar," tutur Taufik.

Namun demikian, kata Taufik, dalam Pemira tak ada persaingan antarcalon yang diajukan. Selain itu, keputusan Majelis Syuro juga bisa berubah setelah ada hasil pemilihan legislatif (Pileg) 9 April 2014 mendatang.

"Ya yang kita ambil 5 dari 22 orang ini tidak ada persaingan antartokoh atau kader. Semuanya ini kan suara dari kader-kader di bawah. Tapi kan yang paling penting selain kita tunggu hasil Majelis Syuro, kita harus lihat hasil pilegnya," tandas Taufik. (Ali)

Baca juga:

Hidayat Nur Wahid Unggul di Pemira PKS
Pemira PKS Hasilkan 5 Kandidat Capres Internal
Tifatul: Saya Belum Siap Jadi Capres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.