Sukses

Pengelola Tempat Hiburan Perketat Pengunjung Malam Tahun Baru

Pada malam pergantian tahun baru nanti, kehadiran sejumlah tamu di tempat hiburan akan diperketat.

Perayaan Tahun Baru 2014 kini di depan mata. Para pengelola tempat hiburan akan memperketat tamu malam tahun baru. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya insiden saat malam pergantian tahun.

"Kami setuju dengan polisi. Kami akan mendukung dan melakukan pengawasanya dengan ketat kepada setiap pengunjung," kata Ketua Perhimpunan Pengusaha Rekreasi dan Hiburan Umum Indonesia Adrian Maulite, Kamis (26/12/2013).

Adrian mengakui, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, saat malam pergantian tahun kerap terjadi sejumlah insiden antarpengunjung di lokasi hiburan malam. Insiden seperti cek-cok hingga baku pukul kerap terjadi karena masalah sepele.

Sebagai langkah antisipasi, pengelola hiburan malam akan terus berkoordinasi dengan saat malam pergantian tahun. Setiap pengelola hiburan juga telah diinstruksikan untuk mendata setiap tamu yang hadir. Ini untuk mengantisipasi tindakan yang dapat mengganggu ketertiban.

"Kami tekankan pada sesama pengusaha hiburan malam, agar melakukan pendataan kepada setiap tamu dengan mencatat setiap tamu yang hadir," kata dia.

Adrian juga mengatakan, pihaknya juga akan memperketat pemeriksaan setiap pengunjung dengan melakukan pemeriksaan barang-barang yang dibawa mereka. "Bila ada benda-benda terlarang, tentunya kita akan langsung laporkan yang berwajib, ini untuk menghindari berbagai insiden yang pernah terjadi," ujar Adrian.

Untuk mengantisipasi terjadinya insiden saat malam pergantian tahun di lokasi-lokasi hiburan malam, Polda Metro Jaya menyiapkan 'Silent operation' mengatasi penyebaran narkoba dan minuman keras di tempat hiburan malam.

"Menjelang tahun baru kita akan gelar silent operation narkoba di tempat-tempat hiburan," ujar Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Pol Nugroho Aji beberapa hari lalu.

Nugroho mengatakan, sasaran operasi ini adalah pemasok narkoba dan minuman keras di tempat-tempat hiburan. "Sasaran utamanya adalah pemasok narkoba ke tempat hiburan tersebut. Tidak ramai-ramailah, sasaran jangan tahu kalau kita operasi. Biar hasilnya banyak," lanjutnya.

Nugroho telah menyiapkan tim yang akan menyukseskan operasi ini. Setidaknya, ada ratusan petugas yang diterjunkan ke lapangan untuk memberantas peredaran narkoba dan miras selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2014 di sejumlah tempat hiburan. "Kekuatan kita ada 254 personel," tegasnya. (Mvi/Ism)

Baca juga:

Asyik! Malam Tahun Baru Jadwal KRL Ditambah
Jakarta Night Festival, 12 Panggung Hiburan Disiapkan
Kapolri: Natal dan Tahun Baru Dijamin Aman!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Liburan