Sukses

3.000 Satpol PP Siaga Malam Tahun Baru di Jakarta

Pengamanan akan difokuskan di Jakarta Night Festival (JNF) yang akan berlangsung di kawasan Jalan Thamrin-Sudirman.

Pemprov DKI akan menggelar Jakarta Night Festival (JNF) di sepanjang Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin pada malam pergantian tahun. Sebanyak 3.000 personel Satpol PP pun akan diturunkan membantu kepolisian mengamankan perayaan tahun baru 2014.

"Sebanyak 3.000 petugas atau separo dari kekuatan kita siagakan, fokusnya di acara JNF," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Kukuh Hadi Santoso di Jakarta, Senini (23/12/2013). Para personelnya akan disebar di 5 wilayah ibukota.

Selain di acara JNF, Satpol PP juga akan ditempatkan di lokasi yang menjadi titik keramaian seperti Ancol, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), serta Taman Fatahillah. Petugas Satpol PP tidak akan dilengkapi persenjataan, karena hanya bertugas membantu pengamanan dan tidak menghadapi kerusuhan. "Kita tangan kosong saja. Tindakan yang dilakukan adalah persuasif," ujarnya.

Sebagian personel Satpol PP, juga akan bersiaga di kantor masing-masing. Mereka akan dikerahkan apabila terjadi masalah besar. Menurutnya, sebagai upaya mengoptimalkan pengamanan, hanya 5% petugas yang diperbolehkan mengambil cuti. "Yang ambil cuti, yang memiliki urusan penting saja. Kita berikan kuota hanya 5 persen saja," kata Kukuh.

Dalam pengamanan Natal dan pergantian tahun kali ini, Polda Metro Jaya juga menggelar Operasi Lilin Jaya dengan menurunkan 10.198 personel. Rencananya operasi tahunan ini akan digelar dari tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2014 mendatang yang disiagakan di sejumlah titik keramaian dan rumah ibadah. (Rmn/Ism)

Baca juga:
[VIDEO] Jelang Natal, Gereja di Jatim Mulai Dijaga Polisi
Panglima TNI: Darat, Laut, Udara Siap Amankan Natal & Tahun Baru
25 Ribu Anggota Ormas Islam Amankan Gereja Saat Natal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.