Sukses

Eks Kombatan GAM Ikut Amankan Pengukuhan Wali Nanggroe Aceh

Selain petugas aparat, 650 mantan kombatan juga siap amankan pengukuhan Wali Nanggoe Aceh.

Polda Aceh mengerahkan 1.158 aparat gabungan dalam pengukuhan Wali Nanggroe Aceh Malek Mahmud. Selain polisi, mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka dilibatkan dalam pengukuhan yang akan digelar Senin 16 Desember besok di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh.

"Kita akan libatkan 650 pasukan dari KPA (Komisi Peralihan Aceh) yang akan membantu pihak kepolisian. Kita di sini hanya membantu karena kita percayakan keamanan utamanya dipegang oleh pihak kepolisian," ujar Fachrul Razi, juru bicara Partai Aceh, Minggu (15/12/2013).

650 pasukan itu merupakan mantan kombatan GAM yang bernaung di bawah Komisi Peralihan Aceh (KPA). Wali Nanggroe Aceh Tgk Mahek Mahmud akan dikukuhkan pada Senin 16 Desember besok, di gedung DPR Aceh.

Lembaga Wali Nanggroe adalah satu bentuk kekhususan Aceh sebagai amanah dari kesepakatan damai (MoU Helsinki) dan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh.

"Kita libatkan sebanyak 250 anggota TNI dari Kodim dan batalyon. Selebihnya dari polisi, yang akan kita tempatkan di Gedung utama dan beberapa ruas jalan masuk," tambah Humas Polda Aceh Kombes Polisi Gustav Leo.

Gustav mengatakan, selain 1.158 aparat gabungan TNI Polri, pengukuhan juga melibatkan ratusan pengamanan dari Satuan Polisi Pamong Praja. Personil keamanan sebagian besar ditempatkan di sekitar gedung DPRD Aceh dan juga pendopo Gubernur Aceh.

Dalam rangka memudahkan pengamanan, sepanjang jalan menuju gedung DPRD Aceh akan ditutup untuk umum. Jalan tersebut dimulai dari Simpang Jambo Tape sampai ke Simpang Lima. (Rmn/Ism)

Baca juga:
Pengukuhan Wali Nanggroe, Aceh Sediakan Rp 2,4 M


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.