Sukses

Razia Balap Liar, Polwan Cantik Dikerahkan

Sama seperti polisi lainnya, beberapa polwan cantik ini tak canggung saat menghentikan pemotor di sejumlah jalan.

Razia kendaraan bermotor yang dilakukan Polda Metro Jaya tidak selalu dilakukan oleh para polisi berbadan tegap. Operasi yang dilakukan di sejumlah titik yang biasa digunakan balapan liar tersebut, ternyata juga diikuti beberapa orang polwam berparas cantik.

Seperti Bripda Anggrid, dengan mengenakan pakaian dinas lengkap polwan cantik yang sering tampil di televisi menyampaikan laporan lalulintas tersebut tampak ikut melakukan razia balap liar di Jalan Pramuka, Jakarta Pusat bersama sejumlah polisi berbadan tegap lainnya. Ia tak canggung menghentikan pengendara motor untuk diperiksa.

Inggrid mengaku dirinya sudah siap semenjak pukul 23:00 WIB di Polda Metro Jaya untuk bersama-sama dengan polisi lainnya melakukan razia. "Tadi aku stanby dari pukul 23:00 WIB terus mulai berangkat pukul 00:30 WIB dan mulai razia pukul 01:00 WIB," ucap Anggrid di sela-sela razia, Jakarta Timur, Minggu (8/12/2013) dini hari.

Anggrid mengaku, sebelum tiba di lokasi razia di Jalan Pramuka dirinya juga melakukan razia di sekitar kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. "Tadi sebelum ke sini (Jalan Pramuka) sempat ke TMII terus baru ke sini deh," kata dia.

Pada kesempatan sama, Kepala Subdirektorat Bidang Penegakkan Hukum AKBP Hindarsono mengatkan, razia razia ini idak hanya melakukan razia balap liar, polisi juga melakukan tes batas kecepatan kendaraan dan tes penggunaan alkohol bagi pengendara bermotor.

"Operasi kita mulai dari jam 00.00, kita melakukan penindakan terhadap para pelaku balap liar kemudian melakukan pengecekan batas kecepatan kendaraan dan tes penggunaan alkohol. Bagi yang tes diketahui habis teler bisa dikenakan sanksi," ujar Hindarsono.

Hindarsono mengatakan, razia tersebut dipusatkan dibeberapa lokasi titik yang selama dijadikan sebagai arena balap liar dan tempat berkumpul para muda-mudi seperti dikawasan Taman mini, Jalan Raya Pramuka, Jalan Asia-Afrika, Jalan MH. Thamrin, dan Jalan Raya Kemang.

"Lokasi-lokasi tersebut kerap dijadikan sebagai tempat balap liar. Dilokasi-lokasi tersebut yang juga menjadi tempat berkumpul, seperti di Thamrin dan sekitaran Kemang, kita lakukan tes alkohol," kata dia.

Tujuan dilakukan razia tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang terjadi akibat pengaruh minuman beralkohol bagi para pengendara bermotor. "Kita melakukan upaya preventif mengantisipasi kecelakaan dalam kota, dan banyak mengakibatkan meninggal dunia karena minuman alkohol dan narkoba," imbuh dia. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.