Sukses

Jokowi dan Pasukan TNI AD Bersih-bersih Kali Ciliwung

Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo itu melakukan patroli kebersihan untuk ketiga kalinya.

Jokowi pagi ini menghadiri Karya Bhakti TNI membersihkan sungai Ciliwung di Season City, Jakarta Barat. Bersama Asisten Teritorial Kepala Staf TNI AD Mayor Jenderal Meris Wiryadi, Gubernur DKI bernama lengkap Joko Widodo itu melakukan patroli kebersihan untuk ketiga kalinya.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah kapal motor tempel telah disiapkan di pinggiran kali yang berlokasi di belakang mal Season City, Jakarta Barat, Kamis (14/11/2013). Selain itu, beberapa anggota TNI bersiaga di sepanjang kali tersebut.

Dengan mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih dan sepatu coklat, Jokowi terlebih dulu berkeliling di sekitar mal untuk menyapa warga. Jokowi berharap dengan kegiatan ini bisa memotivasi masyarakat untuk sadar akan lingkungan sekitar. "Karena kunci bebas banjir itu ya di masyarakat," ujar Jokowi.

Mayor Jenderal Meris Wiryadi menuturkan, kegiatan bersih-bersih kali ini dilakukan guna menyadarkan masyarakat agar tidak lagi berperilaku buang sampah sembarangan.  Sekaligus sebagai persiapan menyambut musim penghujan.

"Ada 4.500 personel TNI AD yang disiapkan dalam agenda ini. Selain itu ada 2.500 orang unsur masyarakat, warga sekitar, plus 500 petugas Dinas Kebersihan dilibatkan," ujar Meris.

Patroli kali ini akan dibagi dalam 4 sektor dari Kali Ciliwung di Pluit, Jakarta Selatan hingga Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Sektor I mulai dari Pintu Air Manggarai hingga Jembatan Tinggi. Kemudian sektor II dari Jembatan Tinggi sampai Roxy. Sektor III dari Roxy hingga Kali Jodoh. Lalu terakhir dari Kali Jodoh sampai Pluit.

Genangan yang selama ini muncul di Jakarta disebabkan sampah yang menyumbat saluran air sehingga menjadikan sampah sebagai musuh utama penanganan banjir. Dalam aksi bersih-bersih ini juga disediakan alat berat, seperti Dump Truck 6 roda 40 unit, Dump Truk 10 roda 5 unit, Germor 40 unit, Toilet VIP 2 unit, Excavator 4 unit. (Ism/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • TNI AD

Video Terkini