Sukses

Jokowi Buka Kran Pertukaran Pelajar DKI dengan ASEAN

Sejumlah kesepakatan lahir dari forum pertemuan gubernur/walikota ibukota negara se-ASEAN.

Sejumlah kesepakatan lahir dari forum pertemuan gubernur/walikota ibukota negara se-ASEAN. Salah satunya kesepakatan untuk kerja sama di bidang pendidikan. Gubernur DKI Jakarta Jokowi membeberkan, pertukaran pelajar DKI Jakarta dengan ibukota negara se-ASEAN bakal segera terselenggara.

"Tentunya dengan adanya ini, hubungan antara negara-negara ASEAN, tidak hanya para pemimpinnya, tapi masyarakatnya juga merasa semakin erat," ujar Jokowi di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2013).

Menurutnya, pertukaran pelajar dengan kota-kota di ASEAN dirasa masih kurang jika dibandingkan dengan negara di Eropa dan Amerika. "Semuanya memang sudah ada, tapi kita selama ini kan sering ngirimnya ke Eropa, ke Amerika. Kalau kita ada ajang ASEAN Community seperti ini, kenapa kita tidak antara ASEAN saja, itu yang mau kita lakukan," imbuhnya.

Bagaimana mekanismenya? Pria bernama lengkap Joko Widodo itu belum bisa menjabarkan lebih rinci. "Itu hal-hal teknis, nanti pada tataran asisten dan dinas untuk membahasnya," pungkas Jokowi.

Forum pertemuam gubernur/walikota ibukota negara se-ASEAN ini menyepakati 7 poin penting yang terangkum dalam 'Jakarta Declaration on Cooperation among the Governments of the Capital Cities of ASEAN Member States 2013'. Sebanyak 10 gubernur/walikota se ASEAN telah menandatangani kesepakatan itu. (Ndy/Ism)    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.