Sukses

7 Kesepakatan Pertemuan Jokowi dengan Gubernur-Walikota se-ASEAN

Peserta forum Gubernur Walikota se-ASEAN sepakat untuk mewujudkan membangun ASEAN Community.

Forum Pertemuan Gubernur/Walikota se-ASEAN yang dinisiasi Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghasilkan 7 kesepakatan. Kesepakatan itu diberi nama Jakarta Declaration on Cooperation among the Governments of the Capital Cities of ASEAN Member States 2013.

"Kesepakatan yang tertuang dalam 7 poin itu ditandatangani oleh 10 Gubernur dan Walikota se-ASEAN," kata Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri, I Gusti Agung Wesaka Puja usai penandatanganan kesepakatan di Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2013).

Poin pertama adalah memberikan atau menetapkan komitmen Gubernur dan Walikota Ibukota negara ASEAN untuk memainkan peranan yang lebih penting. Dan aktif meningkatkan kerjasama dalam integrasi ASEAN serta meningkatkan community building untuk memastikan orientasi rakyat pada ASEAN.

Kedua, menigkatkan implementasi dari kesepatan ASEAN di tingkat pemerintahan lokal, melalui kerjasama antar pemerintah lokal dalam komunitas ASEAN. Ketiga, menyelenggarakan pertemuan reguler yang dilaksanakan di negara-negara Ibukota ASEAN sebagai forum untuk bertukar pandangan, meningkatkan identitas ASEAN dan kebijakan yang telah diambil ASEAN.

Keempat, mengusulkan adanya pengakuan terhadap pertemuan itu yang disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang akan berlangsung Oktober 2013 mendatang di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam. Kelima, meningkatkan kerjasama di bidang yang dapat dilakukan seperti, peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, promosi bersama bidang pariwisata, peningkatan pelayanan publik dan fasilitas, sister city dan pertukaran pelajar sesama negara ASEAN.

Poin keenam, meminta kepada badan sekretariat ASEAN untuk melibatkan pemperintah lokal yang ingin membantu kegiatan dalam meningkatan pembangunan. Dan terakhir, menyambut baik tawaran Gubernur Bangkok, Thailand, untuk menjadi tuan rumah pertemuan forum Gubernur/Walikota ibukota negara se-ASEAN.

"Forum menyambut baik tawaran Gubernur Bangkok, Thailand, yang akan menjadi tuan rumah pertemuan forum Gubernur/Walikota ibukota negara se-ASEAN selanjutnya," jelas Gusti.

Ia menambahkan, pertemuan itu dihadiri Walikota Tutong (Brunei Darussalam) Awang Wardi bin Haji, Gubernur Phnom Penh (Kamboja) Trac Thai Sieng,  Gubenur DKI Jakarta (Indonesia) Joko Widodo, Wakil Gubernur Vientiane Capital (Laos) Keophilavanh Aphaylath, Wakil Direktorat Jendral Bidang Perencanaan Kuala Lumpur (Malaysia) Datuk Zulkifli bin Ibrahim.

Kemudian Wakil Walikota Nay Pyi Taw (Myanmar) Than Kyaw Htoo, Duta Besar Philipina untuk ASEAN (Philipina) Elizabeth P Buensuceso, Walikota Of North West District (Singapura) Teo Ho Pin, Gubernur Bangkok (Thailand) Sukhumbhand Parabatra, dan Vice Chairman of Hanoi People's Committe (Vietnam) Nguyen Van Suu. (Adi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini