Sukses

Jokowi: Ini Namanya `Kostum Jokowi`

Jakarnaval ini dibuka dengan pertunjukan tari topeng, sebuah tarian tradisional Betawi.

Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi bersama Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melepas 500 peserta Jakarnaval 2013. Dari Balaikota DKI, Jokowi melangkah keluar. Jokowi tampil beda. Kemeja putih khas mantan Walikota Solo itu tak terlihat.

Jokowi tertutupi kostum unik khas kerajaan di China. Ya, kostum yang dikenakan Jokowi lebih mirip seorang ksatria atau raja. Belum lagi beban di atas kepalanya. Benda mirip mahkota yang tinggi menjulang sekitar 0,5 meter itu bertengger di atas kepala Jokowi.

Dengan bangga, Jokowi memamerkan kostum Jakarnavalnya. "Ini namanya kostum Jokowi," ujar Jokowi di kompleks Balaikota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Selatan, Minggu (30/6/2013).

Nyamankah menggunakan kostum itu? Jokowi hanya tertawa nakal.

Sementara Ahok, tidak mengikuti jejak Jokowi. Kostum serupa dengan orang nomor 1 di Jakarta itu tak digunakan Ahok. Mantan Bupati Belitung Timur itu hanya mengenakan kemeja berkerah putih-oranye.

"Saya habis ini masih ada acara, jadi nggak pakai," ucap Ahok.

Jakarnaval ini dibuka dengan pertunjukan tari topeng, sebuah tarian tradisional Betawi. Sementara itu, ribuan warga mulai memadati Jalan Medan Merdeka Selatan. Selain untuk menikmati parade Jakarnaval, warga juga hendak menyaksikan Jokowi-Ahok dari dekat. (Ndy/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.