Sukses

Si Gerhana dan Jawir, Tunggangan Jokowi-Ahok Saat Buka Jakarnaval

Sebuah mobil kandang kuda terparkir di halaman kompleks Balaikota DKI. Di dalamnya, 2 kuda jantan cokelat tua berdiri dengan anggun.

Sebuah mobil kandang kuda terparkir di halaman kompleks Balaikota DKI Jakarta. Di dalamnya, 2 kuda jantan berwarna cokelat tua berdiri dengan anggun. Kedua kuda ini nantinya akan ditunggangi pasangan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi bersama Wagub Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat pembukaan Jakartanaval 2013.

Kedua kuda itu merupakan hasil kawin silang atau blasteran antara kuda lokal dan kuda dari Australia. Mereka didatangkan dari Pacuan Kuda Pulomas, Jakarta Timur.

Meski blateran, 2 kuda ini menggunakan nama-nama Indonesia. "Namanya Gerhana dan Jawir," kata Iyap (35), perawat kuda Pacuan Kuda Pulomas di lokasi, Minggu (30/6/2013).

Dalam salah satu acara yang digelar untuk merayakan HUT ke-486 Kota Jakarta ini, sebanyak 500 peserta dan mobil-mobil hias akan berparade mulai dari Balaikota DKI hingga ke bundaran Hotel Indonesia.

Pantauan Liputan6.com, para peserta masih terlihat mempersiapkan kendaraan hiasnya dengan berbagai atribut. Persiapan dilakukan di sepanjang Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, depan Gedung DPRD DKI Jakarta.

Namun ada juga kendaraan hias yang sudah tampak rapi dan siap mengikuti parade. Ada kendaraan hias menyerupai perahu, muka reog dan ondel-ondel, hingga bentuk mirip apartemen dan gedung bertingkat.

Penasaran mau lihat lucunya kendaraan-kendaraan hias ini, yuk ikuti Jakarnaval 2013 yang dibuka pukul 15.00 WIB ini! Anda juga bisa mengecek sejumlah rute pengalihan lalu lintas Jakarnaval di sini. (Ndy/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini