Sukses

Bangun Jalan Tol, Jokowi Diprotes di Twitter

Kicauan-kicauan memprotes lelaki yang akrab disapa Jokowi ini bertebaran di dunia maya lewat situs jejaring sosial Twitter.

Rencana pembangunan jalan tol yang diamini Gubernur DKI Jakarta dikecam banyak pihak. Termasuk, di situs jejaring sosial Twitter.

Banyak kicauan yang menuduh Jokowi ingkar pada janji-janji kampanyenya. Diberondong pertanyaan seputar hal ini, Jokowi mengaku telah mengetahuinya.

"Saya dengar kok dari pakar-pakar, termasuk yang berkicau di twitter. Lah iya, saya juga mengerti, baca," ujar Jokowi di Balai Kota, Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Kementerian Pekerjaan Umum, lanjut dia, memberikan izin karena ruas jalan yang ada dirasa kurang. Karena itu, Jokowi menyepakatinya. Namun, mantan Walikota Solo itu mengiyakan pembangunan keenam jalan tol itu dengan mengajukan persyaratan.

"Sekali lagi saya sampaikan, saya pro pada transportasi massal. Jangan dikomentari terlalu jauh dulu," kata Jokowi.

Dia pun meminta media untuk memberikan penjelasan detail mengenai rencana pembangunan 6 ruas jalan tol, terutama syarat yang diajukannya. "Tolong tulisnya yang 6 ruas jalan tol itu pakai dengan catatan. Catatannya didahulukan. Jadi enggak ribut, berkicau-kicau," tandasnya.

Sebelumnya, masyarakat ramai berkicau mengenai hal ini. Di antaranya, "Wah, mulai plintat-plintut nih. Dulu janji kampanyenya tolak 6  ruas jalan tol", dan "Sungguh mengecewakan kebijakan Jokowi yang pro jalan  layang dan pengguna mobil pribadi." (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.