Sukses

Iran Dukung Gencatan Senjata Suriah

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mendukung rencana gencatan senjata di Suriah untuk mengurangi krisis berkepanjangan.

Liputan6.com, Teheran: Kabar mengenai gencatan senjata yang akan dilakukan di Suriah telah sampai ke Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad. Sebagai negara sahabat, Ahmadinejad sangat mendukung rencana tersebut.
 
Dilansir Reuters, Kamis (18/10), Ahmadinejad mendukung gencatan senjata sementara di Suriah selama seminggu menjelang Iduladha. Ahmadinejad juga menyarankan diadakannya konsensus nasional adalah kunci untuk membuka perdamaian di Suriah.
 
"Kami siap membantu dalam pelaksanaan konsensus nasional demi perdamaian di Suriah. Hal itu berdasarkan kebebasan dan penghormatan akan pengambilan suara dalam menentukan nasib negara. Semua pihak harus bekerja sama untuk menjalankan semua ini," kata Ahmadinejad di Teheran, Iran.
 
Pemerintah Bashar al-Assad menyatakan siap menjalani gencatan senjata dengan oposisi. Rencana itu juga berkaitan akan tibanya Iduladha. Di hari penting bagi umat Muslim itu, oposisi juga menyambut baik rencana berdamai demi rakyat Suriah [baca: Suriah Siap Lakukan Gencatan Senjata].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.