Sukses

Jokowi Tiba di Rusia, Disuguhi Roti Karavay

Sore harinya, Jokowi direncanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Vladimir Putin di Bocharov Ruchey, Sochi.

Liputan6.com, Sochi - Presiden Jokowi tiba di Sochi, Rusia, pukul 15.30 waktu setempat. Kehadiran Jokowi untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Rusia.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (18/5/2016), Presiden Jokowi merupakan kepala negara pertama yang tiba di Sochi. Ia disambut Dubes RI untuk Rusia Wahid Supriyadi, Atase Pertahanan Kolonel Untung Suropati, Direktur Departemen Protokol Rusia Yuri Filatov, Walikota Sochi Pakhomov Anatoly, dan Wakil Gubernur Krasnodarskiy Krai Galas.

Selanjutnya, Jokowi disambut dengan upacara kehormatan. 2 Orang Rusia memakai baju tradisional membawa roti dan garam. Kemudian, Jokowi mencubit roti karavay dan memakannya sedikit sebagai tanda penghormatan kepada bumi Rusia.

Roti karavay merupakan roti khas Rusia yang berbentuk bulat. Roti ini menjadi simbol kesuburan dan kemakmuran. Bentuknya bulat karena dianggap melambangkan matahari.

Usai mendarat sekitar 5 menit, rombongan menuju Hotel Radisson Blue Congress tempat menginap. Sore harinya, Jokowi direncanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Vladimir Putin di Bocharov Ruchey, Sochi.

Presiden Jokowi tiba di Rusia (Liputan6.com/ Silvanus Alvin)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Seoul, Selasa 17 Mei 2016 mengatakan, pertemuan antara Jokowi dan Putin berlangsung selama 2 jam. Keduanya akan membahas tentang peningkatan ekonomi.

"Intinya kita lihat sampai di mana kita dengan Rusia, perdagangan itu ada potensi tinggi. Kemudian, membahas hambatan perdagangan, dan rencana investasi yang ingin didorong atau dimajukan di Rusia," tegas Retno.

Selain itu, Jokowi dijadwalkan melakukan one on one meeting dengan Perdana Menteri Vietnam di KTT ASEAN-Rusia. Indonesia ingin menjaga hubungan baik dengan Rusia karena beberapa tahun terakhir, Negeri Beruang Merah itu aktif menjalin komunikasi dengan ASEAN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini