Sukses

Imigrasi Masih Cari WN Hungaria yang Lolos di Bandara Soetta

Kedubes Hungaria pun sudah coba menghubungi warga negaranya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM mendapatkan bantuan dari Kedutaan Besar Hungaria di Indonesia. Bantuan ini untuk mencari seorang warga negara Hungaria yang lolos dari gerbang imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Kepala Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi, Heru Santoso, mengatakan Kedubes Hungaria sudah coba menghubungi warga negaranya tersebut.

"Kita kan juga minta bantuan dengan pihak Kedubes. Katanya sudah melakukan kontak," ujar Heru di kantornya, Jakarta, Selasa (17/5/2016).

Namun, saat ditanya tentang posisi WNA itu, dia mengaku belum tahu. "Saya belum update lagi, apakah sudah melakukan clearance ke Bandara Soetta," ungkap Heru.

Walaupun tak diketahui keberadannya, Heru mengungkap seluruh WNA yang lolos imigrasi akibat insiden Lion Air 10 Mei 2016 itu tak ada yang masuk daftar buron.

"Dari manifes (penumpang) sebenarnya sudah bisa kelihatan. Dari polisi bandara juga sudah bisa diketahui. Enggak ada yang masuk dalam daftar penangkalan," tegas Heru.

Sementara, seluruh warga negara Indonesia yang lolos sudah melapor ke pihak imigrasi. "WNI sudah semuanya," tandas Heru.

Sebelumnya, Lion Air JT 161 terbang dari Singapura, pukul 18.50 WIB, 10 Mei 2016 mendarat di Bandara Soekarno Hatta pulul 19.35 WIB. Pesawat tersebut mendarat di remote area Terminal 1 dan oleh bus Lion diturunkan di T1. Secara prosedural, pesawat internasional landing di runway 1, parkir di apron/remote area Terminal 2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.