Sukses

Usai Kunjungi Korea Selatan, Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Rusia

Jokowi mengunjungi Korea Selatan pada 15-18 Mei 2016 dan ke Rusia pada 18 Mei 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar rapat terbatas membahas persiapan kunjungan kenegaraan ke Seoul, Korea Selatan dan kunjungan kerja ke Sochi, Federasi Rusia. Pembahasan ini dilakukan agar kunjungan kenegaraan di dua negara tersebut dapat dipersiapkan dengan matang, sehingga hasilnya memberi dampak langsung bagi rakyat Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kunjungan Jokowi ke Korea Selatan pada 15-18 Mei 2016 adalah untuk memenuhi undangan Presiden Korea Selatan.

"Sifat kunjungan adalah kunjungan kenegaraan," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Retno menjelaskan, Korea Selatan merupakan mitra utama Indonesia di bidang perdagangan, investasi, dan juga pariwisata. Dan Korea Selatan akan dijadikan mitra Indonesia untuk akselerasi industrialisasi.

Selain melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Park Geun-Hye, Presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan bisnis, memberikan keynote speech di Asian Leadership Conference.

"Ini merupakan satu forum yang sangat besar sekali dan Presiden diminta untuk memberikan keynote speech yang bertema leadership and inovation," ucap mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu.

Kunjungan Presiden Jokowi ke Sochi, Rusia, pada 18 Mei 2016 dijadwalkan memiliki dua agenda utama, yakni pertemuan bilateral dengan Presiden Vladimir Putin dan menghadiri KTT ASEAN-Rusia.

"KTT ASEAN-Rusia adalah untuk memperingati 20 tahun kemitraan ASEAN dan Rusia," ucap dia.

Retno mengatakan, ada beberapa draf Nota Kesepakatan sebagai hasil dari kunjungan baik di Korea Selatan maupun Rusia yang sampai saat ini masih dinegosiasikan. "Di sektor bisnis juga beberapa bisnis deal juga sedang coba dimatangkan," Retno menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul
    Negara yang berbatasan langsung dengan Korea Utara, dan memiliki ibukota bernama Seoul

    Korea Selatan

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia