Sukses

Cerita Petugas, Jinakkan Api Lapas Banceuy di Tengah Hujan Batu

Pemadaman api baru bisa dilakukan saat ratusan petugas Brimob mengawal para petugas.

Liputan6.com, Bandung - Selain berjibaku menaklukkan api, para petugas pemadam kebakaran Kota Bandung harus berjuang menghindari hujan batu yang dilempar para narapidana saat kerusuhan melanda Lapas Klas IIA Banceuy, Bandung, Jawa Barat.

Kepala Bidang Pemadam Dinas pemadam Kebakaran Kota Bandung Yosep Heryansyah mengatakan, kejadian ini sempat membuat para petugas kesulitan untuk memadamkan api.

"Kejadian itu saat masuk TKP kita ada kendala saat masuk karena lemparan batu," ujar Yosep kepada Liputan6.com, Sabtu (23/4/2016).

 


Bahkan akibat kejadian ini, dua orang petugas pemadam kebakaran Kota Bandung terluka.

"Ada luka tapi ringan. Kena batu tadi dua petugas," kata dia.

(Liputan6.com/Okan Firdaus)

Namun kejadian tersebut berlangsung singkat, ratusan personel Brimob Polda Jabar yang tiba di lokasi kerusuhan langsung mengawal petugas pemadam dan melindungi para penjinak api dari lemparan batu.

"Setelah kita mendapat pengawalan baru bisa memadamkan api. Sekitar satu jam sudah bisa dijinakkan," ujar Yosep.

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Jodie Rooseto mengatakan, sebanyak 600 personel diterjunkan dalam kerusuhan tersebut. Saat tiba, dia sudah melihat para napi menguasai gedung Lapas. 

Petugas pemadam kebakaran saat mendinginkan puing-puing sisa api. (Liputan6.com/Okan Firdaus)

"Bahkan sudah sampai halaman depan," tutur Jodie kepada Liputan6.com.

Akhirnya, dia memerintahkan personelnya untuk langsung merangsek ke arah ratusan napi dan mendorongnya kembali ke dalam Lapas. "Kalau tidak begitu, kabur semua mereka," ujar mantan Kapolda Lampung ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini