Sukses

Kanselir Jerman Sambut Jokowi, Indonesia Raya Berkumandang

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Jokowi berjalan bersama menuju karpet merah untuk memperkenalkan para pejabat kedua negara.

Liputan6.com, Berlin - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menyambangi Bundesklanzeramt atau Kantor Kanselir Republik Federal Jerman di Kota Berlin, Senin ini tepat pukul 14.00 waktu setempat. Jokowi langsung disambut Kanselir Jerman Angela Merkel.

"Keduanya berjalan bersama menuju karpet merah untuk memperkenalkan para pejabat yang berasal dari kedua negara," kata Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, melalui pesan tertulis, Senin (18/4/2016).

Kanselir Angela Merkel lebih dahulu memperkenalkan delegasi resminya kepada Jokowi. Dilanjutkan dengan perkenalan delegasi resmi Indonesia oleh Presiden Jokowi.

"Setelah itu, Presiden Jokowi dan Kanselir Merkel menerima laporan komandan jajar kehormatan dilanjutkan dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu kebangsaan Republik Federal Jerman," ujar Ari.

Usai dikumandangkan lagu kebangsaan kedua negara, Jokowi dan Merkel berjalan melewati karpet merah memeriksa jajar kehormatan. Usai mengikuti prosesi upacara penghormatan resmi militer, Jokowi dan Merkel memasuki Gedung Kantor Kanselir Jerman untuk memulai pertemuan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menemui Presiden Joachim Gauck di Kantor Presiden Jerman di Berlin. Kepada Gauck, Jokowi menyatakan, selain kerja sama di bidang ekonomi perdagangan dan investasi, fokus kunjungan dia kali ini adalah peningkatan kerja sama pendidikan vokasional.

Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan contoh di mana Islam, demokrasi dan toleransi dapat berjalan seiring. Sebagai negara muslim terbesar, Indonesia mampu mengembangkan demokrasi dan juga toleransi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini