Sukses

Cerita Tuti Penjaga Taman Kehilangan Motor Saat Demo

Peristiwa itu terjadi pada November 2015. Kala itu, dia membawa sepeda motor baru yang dibelinya secara kredit.

Liputan6.com, Jakarta - Maryati atau Tuti, pekerja harian lepas (PHL) Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Pusat mendapat ponsel baru dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Bukan tanpa alasan, keberaniannya mengusir para pendemo nakal mencuri perhatian Ahok.

Tuti sudah 17 tahun menjadi petugas kebersihan taman di Jakarta. Beberapa bulan lalu motor yang dikendarai hilang saat demontrasi berlangsung.

Peristiwa itu terjadi pada November 2015. Kala itu, dia membawa sepeda motor baru yang dibelinya secara kredit. Sepeda motor itu biasa digunakan oleh anak sulungnya, Budianto.

Kala itu, sang anak menawari untuk membawa sepeda motor karena biasanya hari Jumat jalanan relatif lebih sepi dari biasanya. Tuti akhirnya memutuskan untuk membawa sepeda motor.

Dia dengan santai memarkir kendaraannya di pinggir jalan tak jauh dari tempatnya bekerja. Saat itu memang sedang ada aksi unjuk rasa di sekitaran Balai Kota, tapi hal itu tidak dipedulikannya.


Setelah memarkir kendaraan, Tuti mengambil karung putih dari sepeda motornya untuk mengambil sampah yang berserakan di sekitar taman. Dia sangat ingat mengalungkan kunci di leher, lalu membawa tasnya tak jauh dari tempat kerja. Hanya ada botol minum yang ditinggalkan di motor itu.

"Waktu saya mau minum, eh motor sudah enggak ada," kata Tuti, di Taman Depan Balai Kota, Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Tuti pun langsung mencari dan menanyakan pada petugas setempat keberadaan motornya. Mereka melihat kejadian itu tapi tidak menyangka kalau yang dibawa pemuda itu adalah motor milik Tuti.

"Ada yang lihat, helm dibawa tukang bajaj katanya. Ada lagi satpam, kan biasa manggil saya uni, dia bilang, 'emang uni bawa motor. saya kira itu motor siapa saya'. Ya sudah," tutur dia.

Saat bertemu Ahok pagi ini, Tuti tak lupa menceritakan pengalaman buruknya itu. Bermodal beberapa foto hasil rekaman aksi pencuri di tengah demo, Tuti mengadukan hal itu pada Ahok.

"Besok suruh bawa surat hilang motor sama surat laporan polisi mau diurusin sama Pak Ahok," pungkas Tuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini