Sukses

Depan Istana Bogor Gelap Earth Hour, Paspampres Sempat Khawatir

Padamnya lampu yang menghiasi sudut kota dan Balai Kota yang berhadapan langsung dengan Istana Bogor, membuat penjagaan diperketat.

Liputan6.com, Bogor - Peringatan Earth Hour atau mematikan listrik selama 1 jam membuat sebagian besar sudut Kota Bogor, Jawa Barat gelap gulita. Mulai lampu-lampu jalan, perkantoran pemerintah daerah, taman kota hingga Tugu Kujang yang biasa penuh pulasan cahaya lampu warna-warni dipadamkan secara serentak selama 1 jam.

Terkecuali fasilitas umum seperti rumah sakit dan Istana Bogor yang kini rutin dijadikan tempat berkantornya Presiden Joko Widodo. Namun, pemadaman listrik yang diinisiasi anak-anak muda bersama aktivis lingkungan World Wild Fund for Nature (WWF), sempat membuat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di seputar Istana Bogor khawatir.

Kekhawatiran Paspampres tersebut bukan tanpa alasan. Sebab, Presiden Jokowi sedang dalam perjalanan menuju Istana Bogor saat puncak acara Earth Hour, Sabtu (19/3/2016) malam tadi sekitar pukul 20.30 hingga 21.30 WIB.

Padamnya lampu yang menghiasi sudut kota dan Balai Kota yang berhadapan langsung dengan Istana Kepresidenan Bogor, membuat penjagaan diperketat.

"Kami enggak dikasih tahu kalau mau ada acara matikan lampu, Bapak (Presiden Jokowi) sekarang lagi di jalan mau masuk istana," ucap salah seorang anggota Paspampres kepada panitia acara Earth Hour di halaman Balai Kota Bogor, Sabtu malam.

Anggota Paspampres yang mengenakan seragam lengkap dengan senjata laras panjang itu mengaku mengkhawatirkan keamanan RI-1 saat memasuki istana. "Kalau dimatikan semuanya bahaya, Bapak (Presiden Jokowi) mau masuk soalnya," ujar dia.

Namun setelah diberi penjelasan oleh panitia acara, anggota Paspampres pun mengerti dan kemudian meninggalkan tempat acara untuk kembali berjaga di Pos Istana Kepresidenan.

"Kaget aja saya tadi ada Paspamres. Tapi enggak apa-apa, acara tetap jalan kok," ungkap Desi penanggung jawab acara Earth Hour 2016 Kota Bogor.

Desi mengaku pernah meminta kepada pihak istana untuk ikut berpartisipasi dalam rangka Earth Hour, tapi tidak dihiraukan dengan alasan keamanan.

"Kalau tahun ini untuk pemberitahuan ke pihak istana kami serahkan ke Pemkot Bogor," kata Desi.

Ia menambahkan, untuk acara malam ini pemadaman listrik bekerja sama dengan PLN Bogor. Pemadaman listrik selama 1 jam hanya dilakukan di beberapa titik lokasi seperti mal, lampu jalan, taman kota, dan hotel.

"Untuk Istana (Bogor) maupun seputaran Istana memang tidak dilakukan pemadaman (saat Earth Hour)," tutup Desi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini