Sukses

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Kunci Menangi Persaingan Global

Jokowi dijadwalkan meresmikan 2 proyek infrastruktur di Jawa Timur, Sabtu ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Sabtu (19/3/2016) ini. Jokowi dijadwalkan meresmikan 2 proyek infrastruktur di provinsi tersebut.

Jokowi akan meresmikan pengoperasian jalan Tol Surabaya-Mojokerto seksi IV di Mojokerto dan Bendungan Nipah di Kabupaten Sampang, Madura.

"Pembangunan infrastruktur adalah faktor kunci untuk memenangi persaingan ekonomi global. Karena itulah pemerintah terus meningkatkan fasilitas infrastrukturnya di seluruh wilayah," kata Jokowi melalui keterangan tertulis Tim Komunikasi Presiden, Jakarta, Sabtu (19/3/2016).

Selain itu, infrastruktur juga diyakini menjadi kunci untuk menekan biaya transportasi dan logistik sehingga dapat menurunkan harga seluruh produk yang didistribusikan ke seluruh Indonesia.

Tol Surabaya-Mojokerto yang akan diresmikan Jokowi sepanjang 18,47 km dan nantinya masih akan ada 16,1 km yang masih dalam proses pengerjaan. Diharapkan jalan Tol Surabaya-Mojokerto dapat beroperasi penuh pada 2017.

Setelah dari Mojokerto, Jokowi akan bertolak ke Kabupaten Sampang, Madura, untuk meresmikan Bendungan Nipah yang merupakan salah satu dari 65 Bendungan yang akan dibangun pemerintah dalam kurun waktu 2015-2019.

"Bendungan Nipah nantinya dapat mengairi sawah seluas 1.150 hektare, yang terdiri dari 925 hektare sawah baru yang merupakan pengembangan sawah tadah hujan," ujar Jokowi.

Sisanya, seluas 225 hektare merupakan areal sawah existing. Manfaat lain bendungan ini adalah sebagai konservasi sumber daya air, sebagai objek pariwisata dan untuk perikanan ikan tebar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.