Sukses

Jokowi Tinjau Bendungan Jatigede dan Proyek Tol di Sumedang

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan kembali ke Jakarta pada tengah malam.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi berkunjung ke Provinsi Jawa Barat hari ini. Didampingi Ibu Negara Iriana, pagi ini Jokowi menggunakan mobil mengunjungi sejumlah. Rencananya Jokowi akan berada di Jawa Barat hingga malam nanti.

"Di Jawa Barat, Presiden dan Ibu Iriana akan meninjau Bendungan Jatigede yang berada di Kabupaten Sumedang, melihat perkembangan proyek pembangunan jalan tol Cilieunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), serta menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan, kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat, dan kartu Asistensi Sosial Lanjut Usia di Kabupaten Sumedang," ujar Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/3/2016).

Di Sumedang, Jokowi akan meninjau langsung perkembangan Bendungan Jatigede serta melihat  panel dan maket bendungan. Usai meninjau bendungan, dia melanjutkan perjalanan ke salah satu titik di Kabupaten Sumedang yang merupakan bagian dari proyek pembangunan Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu).
‎
Ari menuturkan, malam harinya Jokowi akan meresmikan pembukaan Turnamen Sepak Bola Bhayangkara Cup 2016 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan menyaksikan pertandingan antara Persib Bandung melawan Mitra Kukar.

"Presiden dan Ibu Iriana akan tiba di Jakarta pada tengah malam," kata Ari.

‎Bendungan Jatigede diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono 31 Agustus 2015. Bendungan ini memiliki luas 5.000 hektare dan ketinggian air maksimal sekitar 260 meter.‎ Bendungan ini selain digunakan untuk pengairan dan perikanan, juga akan digunakan untuk mem‎bangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).
‎
Bendungan Jatigede ini dapat mengairi lahan seluas 90.000 hektare, sekaligus menjadi penyediaan air baku untuk wilayah Cirebon, Majalengka, Sumedang, dan Indramayu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.