Sukses

Kader Ingin PAN Usung Figur Asli Jakarta di Pilkada DKI

Pemimpin tersebut dinilai mempunyai tekad yang besar untuk menjadikan kota yang dipimpinnya maju dan berkembang.

Liputan6.com, Jakarta Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM PAN) DKI Jakarta meminta partai politik memerhatikan sisi kearifan lokal dengan mendorong figur asli Jakarta sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur 2017-2021 yang akan bertarung dalam Pilkada DKI 2017.

"Memang Jakarta secara demografis dikenal sebagai kota multikultural, akan tetapi jangan lupakan unsur kedaerahan di sebuah kota," ujar Ketua BM PAN DKI Jakarta Satria Chaniago di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Menurut dia, data Badan Pusat Statistik (BPS) 2010, entitas Betawi di Jakarta menempati porsi nomor 2 terbanyak setelah entitas Jawa yakni sebesar 2,7 juta penduduk.

"Karena proporsi jumlah penduduk itulah, seharusnya partai politik mendorong figur asli Jakarta untuk memimpin Ibu Kota ini," ucap Satria.

Dia yakin, ketika pemimpin lahir dan besar dari kota dia berasal, maka pemimpin tersebut pasti mempunyai tekad yang besar untuk menjadikan kota yang dipimpinnya maju dan berkembang.

"Kualitas tokoh asli Jakarta seharusnya tidak diragukan lagi oleh partai politik," Satria menandaskan.

Nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta yang beredar saat ini didominasi figur yang dianggap bukan asli Jakarta. Di antaranya ada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang berasal dari Belitung Timur, Adyaksa Dault dari Donggala Sulawesi Tengah, dan Sandiaga Uno yang berdarah Gorontalo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • PAN