Sukses

Ini Waktu Gerhana Matahari Terlihat di Jakarta

Planetarium menyiapkan 8 teleskop untuk menyaksikan gerhana matahari.

Liputan6.com, Jakarta - Gerhana matahari sebagian segera terlihat di langit Jakarta pagi ini. Di Planetarium, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, ribuan warga sudah menunggu fenomena langka ini.

Salah seorang panitia dari Planetarium Afri menuturkan, di Jakarta awal gerhana akan dimulai pada pukul 06.19 WIB. "Sementara untuk maksimum gerhana berlangsung pukul 07.21 WIB," kata dia di lokasi.

Gerhana berakhir pada pukul 08.31 WIB. Artinya proses terjadinya gerhana matahari cukup lama terlihat di langit Ibukota.

"Kurang lebih 2 jam terlihat prosesnya," ucap dia.

Afri menuturkan, Planetarium menyiapkan 8 teleskop untuk menyaksikan gerhana. 4 Teleskop di gerbang utama dan 4 lagi di gedung Jakarta Theater, sebelah gedung TIM XXI.

"Diharapkan warga tidak berkumpul di depan planetarium. Segera menuju lokasi teleskop yang disediakan," tambah Afri.

Di Indonesia, ada 12 provinsi yang dapat terlihat jelas gerhana matahari total. Yakni, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

 

*** Saksikan Live Streaming GMT 2016 di Liputan6.com pada tautan ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.