Sukses

Tim Penyelam Dikerahkan Cari Korban Tenggelamnya Kapal Rafelia 2

Pencarian terhadap korban tenggelamnya Kapal Rafelia 2 dilakukan sejak pukul 06.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian Kapal Motor Penumpang (KMP) Rafelia 2 terus dilakukan. SAR mengerahkan 3 tim penyelam untuk mencari korban tenggelamnya kapal jenis landing craft tank di perairan Selat Bali hari ini.

"Pagi tadi sudah dikerahkan 3 tim penyelam dari Satpolair Polres Banyuwangi, TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, Basarnas, dan Kodim 0825 Banyuwangi," kata Kepala Kantor Basarnas Denpasar, Didi Hamzar yang ditunjuk sebagai Koordinator Misi SAR Kapal Rafelia di Banyuwangi, Sabtu (5/3/2016) seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pencarian terhadap korban sudah dilakukan sejak pukul 06.00 WIB dengan mengerahkan sejumlah kapal dan perahu karet di perairan Selat Bali.

"Pencarian korban juga dilakukan dengan jalur udara yakni menggunakan heli untuk memperluas jangkauan pencarian karena biasanya korban tenggelam akan mengapung di atas permukaan air laut," tutur Didi.

Data Posko Basarnas menunjukkan jumlah korban kapal Rafelia 2 yang belum ditemukan sebanyak 5 orang yakni kapten kapal bernama Bambang S Adi, chief/mualim kapal Puji Purwono, sopir truk Agus Tia, kemudian ibu-anak yakni Masruroh (28) dan Romlan (18 bulan).

"Jumlah penumpang yang selamat sebanyak 76 orang, namun sebanyak 9 orang di antaranya dirawat di Rumah Sakit Islam Banyuwangi, 1 orang dirawat di Rumah Sakit Yasmin, dan 1 orang lagi dirawat di Rumah Sakit Daerah Umum Blambangan," Didi menjelaskan.

Korban selamat yang mendapat perawatan di RS Islam Blambangan yakni Sunandi (30) warga Jawa Barat, Novi Indah Purnamasari (35) warga Banyuwangi, Marta Tri Handoko (24) warga Banyuwangi, Ribut Hariyono (50) warga Banyuwangi, Candra Wiguna (19) warga Jawa Barat, Ani (21) warga Banyuwangi, Jainuri (60) warga Banyuwangi, Wawan (49) warga Jawa Barat, Novasari (8) warga Banyuwangi.

Sedangkan korban selamat yang dirawat di RSUD Blambangan yakni Imam Wahyudi (28) warga Banyuwangi, dan korban yang dirawat di RS Yasmin yakni Ridwan (45) warga Banyuwangi.

Sementara data manifest barang/kendaraan yang ikut tenggelam yakni 4 unit pikap, 4 unit kendaraan colt diesel, 1 truk besar, 18 truk tronton, dan 1 sepeda motor.

Kapal Rafelia 2 dari Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali menuju Pelabuhan Ketapang, Kabupaten Banyuwangi, tenggelam di perairan Selat Bali pada Jumat 4 Maret 2016 pukul 13.10 WIB.

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV, dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.