Sukses

Alasan Nasdem Dukung Ahok Jadi Cagub di Pilkada DKI Jakarta

Nasdem resmi mendukung Ahok untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem menyatakan dukungannya kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pilkada DKI Jakarta 2017. Keputusan ini diambil setelah ada pembicaraan dan persetujuan dari Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Menurut Koordinator Wilayah (Korwil) DKI Jakarta Partai Nasdem, Victor Laiskodat, dukungan diberikan kepada Ahok lantaran dia mampu membuktikan dirinya bekerja dengan baik untuk Jakarta.

"Masalah-masalah serius berkaitan kepemimpinannya dan itu Nasdem sebagai partai membangun restorasi Indonesia melihat orang-orang yang punya komitmen membangun bangsa negara, khususnya Ahok," kata Victor saat konferensi pers mendukung Ahok di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Dia menegaskan tak ada pertentangan dari dalam maupun luar partai atas dukungan itu. Ahok dinilainya sebagai sosok yang bagus kendati bukan kader Partai Nasdem.

"Kader-kader Partai Nasdem itu kan kader politik untuk bangsa. Kalau melihat anak bangsa yang bagus kenapa kita pikir lagi. Nasdem bukan dibangun untuk kepentingan eksklusif, tapi juga inklusif di dalamnya, sehingga Nasdem melihat seluruh kader bangsa terbaik, ya dicalonkan," kata Victor.

"Ahok itu ya kader bangsa. Seluruh kader Nasdem ya kader bangsa. Siapa pun dia yang bagus ya kita calonkan. Tidak ada masalah pertentangan eksternal internal. Selama dia baik buat bangsa, kita calonkan," kata dia.

Nasdem tidak akan memaksa Ahok untuk masuk menjadi anggota Partai Nasdem agar tetap bisa dicalonkan menjadi cagub DKI Jakarta. Yang penting, kata Victor, Ahok dapat bekerja dengan baik untuk DKI. "Itu udah cocok buat Nasdem," imbuh dia.

Victor berujar pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Ahok terkait dukungan ini. Pertemuan tersebut rencananya digelar pada pekan depan.

"Ya pastilah ketemu, ngobrol bagaimana lihat Ahok bagus, cocok, ya sudah," ucap Victor.

Maju Independen

Untuk memuluskan jagoannya maju di pilkada, Nasdem akan mengajak partai-partai lain untuk mendukung Ahok. Selain itu, juga masyarakat Jakarta serta relawan pendukung Ahok yang tergabung dalam Teman Ahok.

Meski begitu, Nasdem mengaku tak mempermasalahkan jika dalam Pilkada DKI, Ahok maju secara independen maupun melalui partai politik. Keduanya dinilai telah sesuai dengan perundang-undangan.

"Partai Nasdem bukan meminta harus lewat partai politik, kalau ternyata Ahok memang cocok lewat independen, Partai Nasdem ada di situ. Karena tujuannya bukan mencalonkan Ahok, tapi menjadikan Ahok menjadi gubernur dengan jalan apapun boleh saja asal jadi gubernur," terang Victor.

Victor menegaskan dukungan Nasdem untuk Ahok dimaksudkan agar Jakarta menjadi lebih baik lagi. Jika Ahok menjadi gubernur, Jakarta akan menjadi Ibu Kota yang lebih teratur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.