Sukses

Jakarta Hujan, Pohon Tumbang Timpa Rumah di Pancoran

Menurut Winarto ada 10 kecamatan di kawasan Jakarta Selatan yang rawan pohon tumbang.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras disertai angin yang terjadi 3 hari terakhir ini, membuat sejumlah pohon di wilayah Jakarta Selatan tumbang. Insiden tersebut tak memakan korban jiwa.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan Winarto mengatakan, pohon Lamtoro berdiameter 60 centimeter tumbang di Jalan Warung Jati, Pancoran, Jakarta Selatan, Senin pagi. Pekerja Harian Lepas (PHL) Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan langsung bertindak dan mengevakuasi pohon tersebut.

"Pohon Lamtoro tadi tumbang dekat Polsek Pancoran. Namun, sudah dilakukan penanganan oleh petugas," ujar Winarto di Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2016).

Dia menjelaskan, pohon Angsana berdiameter 150 centimeter juga tumbang di Jalan Manggarai Utara, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu 24 Januari kemarin. Bahkan, mengenai rumah warga.

"Ada 1 rumah yang tertimpa. Dan mereka akan mendapatkan biaya (renovasi), karena telah diasuransikan kalau ada pohon tumbang," tutur dia.

Menurut Winarto ada 10 kecamatan di kawasan Jakarta Selatan yang rawan pohon tumbang. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim hujan.

"Dulu yang rawan hanya di Kecamatan Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama yang banyak pohonnya. Namun, kini di setiap kecamatan merata," jelas dia.

Untuk menekan angka pohon tumbang selama musim hujan, Sudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Selatan mengantisipasi dengan cara penopingan atau pemangkasan.

"Antisipasinya dengan menerjunkan tim 5 orang di setiap kecamatan, untuk melakukan penopingan dan pemotongan pohon," pungkas Winarto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini