Sukses

Pengamat: Paham Radikalisme Incar Masyarakat Stres di Kota Besar

Abuddin menilai, di antara modus kaum radikal yakni mengambil alih Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dengan tingkat stres tinggi di kota-kota besar, dinilai menjadi sasaran potensial penyebar paham radikalisme.

"Gerakan radikal umumnya muncul di kota-kota besar, karena orangnya stres akibat aktivitas kerja, kemacetan lalu-lintas dan faktor lain," kata Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Abuddin Nata, seperti dilansir Antara, Minggu (17/1/2016).

Di antara iming-iming yang lumrah ditawarkan agar masuk ke kelompok radikalisme, kata Abuddin, adalah peningkatan status dan ekonomi masyarakatnya.

"Problem politik dan ekonomi di kota besar lebih mudah dijual dalam masyarakat seperti itu. Kemudian agama hanya dijadikan alat untuk melegitimasi, seolah kekeliruan itu dibenarkan oleh ajaran agama," ujar dia.

Adapun di antara modus dari kaum radikal, lanjut Abuddin, adalah mengambil alih Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di lingkungan masyarakat.

"Dakwah masih banyak yang menyampaikan kekerasan, seperti masjid dikuasai komunitas radikal," kata dia.

Menurut Abuddin, aksi teror dari kalangan radikalisme sulit dideteksi dini, karena pergerakannya tertutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.