Sukses

Akses Tol Menuju Bandara Soetta Ambles, Diperkirakan Kelar Jumat

Akibatnya, Jalan Tol Sedyatmo tersebut harus dilakukan buka-tutup lalu lintas.

Liputan6.com, Tangerang - Jalan Tol Sedyatmo ruas Kapuk arah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), tepatnya di KM 24+600 yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk cabang Cawang-Tomang-Cengkareng ambles. Jalan itu ambles sejak Selasa sore, 12 Januari 2016.

Akibatnya, ruas jalan tol tersebut harus dilakukan buka-tutup lalu lintas. Dari semula dua lajur menjadi satu lajur.

Corporate Communication PT Jasa Marga Tbk, Muhammad Sofyan, mengatakan upaya perbaikan sudah dilakukan sejak Selasa. Dia menargetkan perbaikan itu diperkirakan baru kelar pada Jumat, 15 Januari.

"Untuk sementara ruas jalan tol yang dilakukan pemeliharaan adalah jalur tol elevated (atas), sedangkan jalur tol bawah tetap beroperasi seperti biasa," ujar Sofyan.

Menurut dia, kerusakan yang terjadi relatif ringan. Namun karena terjadi pada jalan dengan struktur jembatan dan berbahan beton, maka untuk perbaikannya dibutuhkan waktu yang cukup lama karena butuh waktu bagi beton untuk mengeras dan kuat.

Selain itu, ujar Sofyan, juga diperlukan penutupan jalan agar proses pengecoran tak terganggu getaran dari kendaraan yang lewat.

"Sebagai alternatif lain menuju Bandara Soetta, pengguna jalan juga dapat menggunakan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) Ruas Pondok Pinang-Kebon Jeruk-Penjaringan. Lalu masuk ke Tol Sedyatmo melalui Simpang Susun Penjaringan," kata dia.

Sementara itu, Senior General Manager AP II Bandara Soetta, Zulfahmi, menuturkan kerusakan jalan tol tersebut mengakibatkan kemacetan. Untuk itu, dia menyarankan agar calon penumpang berangkat lebih awal demi mengejar jam terbang.

"Mohon antisipasi kemacetan jalan menuju bandara karena jalan tol semula dua lajur jadi satu lajur. Calon penumpang sebaiknya datang lebih awal," ujar Zulfahmi.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini