Sukses

Jalan Lumpuh 3 Jam, Walikota Ini Jalan Kaki Saat Tahun Baru

Saking ramainya kerumunan warga, Jalan Kartini dan Siliwangi di Cirebon lumpuh total selama sekitar 3 jam saat malam Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Sukacita perayaan Tahun Baru juga mampir di Kota Cirebon, Jawa Barat. Saking ramainya kerumunan warga, Jalan Kartini dan Siliwangi di Cirebon lumpuh total selama sekitar 3 jam.

Saking parahnya kondisi itu, dini hari tadi, Walikota Cirebon Nasrudin Azis bahkan harus jalan kaki ke rumahnya yang berada di Jalan Siliwangi.

"Daripada menunggu lama di mobil, saya mending jalan kaki saja menuju rumah dinas," ujar Azis sembari berjalan di Cirebon, Jumat dini hari (1/1/2016).

Azis berjalan sambil dikawal satu patwal dan pengawal pribadi untuk memberikan akses jalan baginya. Karena aksinya itu, Azis pun mengundang perhatian dan kerumunan warga. Tak sedikit yang menyapa dan mengajak sang walikota untuk foto bersama.

Namun kemacetan ini menghadirkan rasa syukur di hati Azis. Dia senang, Cirebon kerap dijadikan destinasi wisata saat perayaan Tahun Baru.

"Artinya, kehidupan dan perputaran ekonomi dari sektor wisata Kota Cirebon meningkat," tutur dia.

Malam tadi, ribuan warga tumpah ruah di ruas jalan protokol di Cirebon. Karena itu malam bebas kendaraan bermotor atau car free night digelar di Jalan Kartini dan Siliwangi. Seperti diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi (Dishubinkom) Kota Cirebon, Syahroni.

"Pukul 22.00 WIB, car free night sudah diberlakukan, kendaraan tidak boleh masuk di Jalan Siliwangi dan Kartini, upaya ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dengan Polres Cirebon Kota," tutur Syahroni.

Namun, rupanya car free night tersebut tak dibarengi dengan ketersedian lahan parkir yang memadai.

"Antusias masyarakat tidak mampu kami bendung. Personel kita juga tidak lebih banyak dari kerumunan warga yang ingin merayakan Tahun Baru di balai kota," kata Syahroni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat
    Cirebon adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat

    Cirebon