Sukses

Basarnas: Korban KM Marina 66 Tewas, 40 Selamat, 12 Hilang

Pencarian korban tenggelamnya KM Marina Baru akan dilanjutkan hingga 3 hari ke depan.

Liputan6.com, Kendari - Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, merilis data total korban musibah tenggelam Kapal Motor (KM) Marina Baru 2B yang ditemukan sebanyak 106 penumpang.

"Selama 7 hari melakukan pencarian, tim penyelamatan sudah menemukan penumpang KM Marina sebanyak 106 orang," ucap Humas Basarnas Kendari, Wahyudin, dari Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Minggu (27/12/2015) malam, seperti dilansir Antaranews.com.

Ia menjelaskan, dari jumlah penumpang yang ditemukan tersebut, sebanyak 40 orang dalam keadaan selamat dan 66 orang sudah meninggal dunia.

Berdasarkan manifes, imbuh Wahyudin, jumlah penumpang kapal tersebut saat bertolak dari Pelabuhan Kolaka Sultra menuju pelabuhan Siwa Sulsel sebanyak 118 orang.

"Rinciannya, 106 penumpang umum, 10 anak buah kapal, dan dua penjaga kantin kapal," papar Wahyudin.

Jika berdasarkan manifes, maka penumpang yang belum ditemukan tersisa 12 orang. "Pencarian korban tenggelamnya KM Marina Baru 2B tersebut masih akan dilanjutkan hingga 3 hari ke depan," ujar Wahyudin.

KM Marina berangkat dari Pelabuhan Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, menuju Pelabuhan Bansalae, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu, 19 Desember 2015 sekitar pukul 11.00 Wita.

Kemudian setelah berlayar beberapa jam, kapal itu dihantam ombak besar dan sempat melaporkan ke Syahbandar Siwa sekitar pukul 16.00 Wita bahwa KM Marina kemasukan air akibat terjangan ombak besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.